Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menjaga Kulkas Tetap Bekerja Efisien Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 29/03/2022, 20:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas yang berdegung atau mengeluarkan suara aneh saat cuaca sedang terik dan kelembapan tinggi, kemungkinan karena bekerja lebih keras daripada saat keadaan suhu normal.

Menutup pintu kulkas dengan cepat dan tidak membiarkannya terlalu lama terbuka menjadi salah satu cara mengurangi beban atau kerja kulkas

Baca juga: Catat, 7 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Selain itu, dilansir dari Consumer Report, Selasa (29/3/2022), untuk menjaga makanan tetap aman, kulkas harus diatur dalam suhu antara satu sampai tuga derajat Cesius dan freezer 0 derajat Celsius. 

Menyetel suhu kulkas terlalu tinggi membuat makanan berisiko rusak, sebaliknya menyetelnya terlalu rendah akan membuang-buang energi. Jika kulkas tidak memiliki termometer built-in, gunakan termometer alat.

Berikut adalah beberapa tips lain dari Departemen Energi dan Pertanian Amerika Serikat untuk menjaga kulkas tetap bekerja efisien saat suhu panas.  

Baca juga: Ingin Membeli Kulkas? Hindari 5 Kesalahan Ini agar Tidak Menyesal

Jaga kulkas tetap bersih 

Agar awet, jangan meletakkan bahan pangan mudah busuk seperti susu di pintu kulkas. SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVA Agar awet, jangan meletakkan bahan pangan mudah busuk seperti susu di pintu kulkas.
Beberapa kali dalam setahun bersihkan koil kondensor dengan sikat atau penyedot debu untuk menghilangkan kotoran, serat, atau akumulasi lainnya guna memastikan kulkas tetap bekerja dengan baik.

Berikan ruang 

Pastikan kulkas tidak didorong ke dinding sehingga udara dapat bersirkulasi dengan bebas dan menyebarkan panas dari kondensor dengan lebih baik. Sisakan beberapa sentimeter di antara dinding dan kulkas. 

Baca juga: Ragam Hal yang Menyebabkan Kulkas Mengeluarkan Suara Berisik

Jaga agar kedap udara 

Seiring waktu, gasket dan segel bisa bocor. Untuk menguji pintu kulkas masih menutup dengan baik, letakkan selembar kertas atau uang kertas pada pintu kulkas dan tutup pintunya.

Jika Anda dapat menarik kertas dengan mudah, artinya segel atau paking perrlu diganti. 

Jaga makanan tetap tertutup 

Ilustrasi isi kulkas.FREEPIK Ilustrasi isi kulkas.
Tutup minuman dan bungkus makanan sebelum menyimpannya ke klukas. Makanan dan minuman yang tidak tertutup bisa melepaskan uap air ke dalam unit sehingg membuat kompresor bekerja lebih keras. 

Baca juga: 11 Buah dan Sayuran yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas 

Penyimpanan pintu

Suhu kulkas pada area pintu lebih berfluktuasi daripada bagian dalam kulkas. Jadi, jangan menyimpan makanan yang mudah rusak seperti telur pada bagian pintu. Sebaiknya, simpai telur dalam karton di rak. 

Jangan membebaninya 

Menambahkan terlalu banyak barang bersuhu ruangan seperti kaleng soda atau botol jus menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan kulkas.

Cukup tambahkan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan Anda selama satu atau dua hari. 

Baca juga: 4 Tanda Kulkas Harus Segera Diperbaiki 

Sering mencairkan 

Jika Anda kurang beruntung memiliki kulkas dengan pencairan manual, jangan biarkan embun beku menumpuk lebih dari seperempat sentimeter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com