Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Pintu Kulkas yang Tidak Menutup Rapat

Kompas.com - 12/03/2022, 17:59 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat kita menutup pintu kulkas, karet pada bagian pintu secara otomatis akan melekat sehingga kulkas tertutup rapat.

Namun dalam beberapa kasus, pintu tidak mau tertutup rapat. Kulkas tetap mengeluarkan udara dingin sehingga dapat mengganggu kinerja kulkas.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari masalah pada karet perekat hingga penempatan kulkas yang kurang tepat.

Melansir dari Appliance Solver, Sabtu (12/3/2022), berikut ini merupakan 5 penyebab pintu kulkas tidak mau menutup rapat dan cara mengatasinya.

Baca juga: Ingin Kulkas Lebih Awet dan Bekerja Efisien? Perhatikan 4 Hal Ini

Terdapat wadah atau barang yang menghalangi

Ilustrasi membeli kulkas baru.SHUTTERSTOCK/HEDGEHOG94 Ilustrasi membeli kulkas baru.

Saat kulkas tidak menutup secara otomatis, coba periksa bagian interior kulkas. Biasanya terdapat wadah makanan atau barang yang mengganjal pintu kulkas sehingga membuatnya tidak menutup.

Sebaiknya segera atur dan rapikan bagian dalam kulkas, pastikan tidak ada benda atau wadah berukuran besar yang menghalangi pintu untuk menutup.

Baca juga: 5 Tips Meletakkan Kulkas di Dapur agar Rapi, Awet dan Aman

Banyak barang berat di area pintu

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es. SHUTTERSTOCK/ELNUR Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan lemari es.

Ada beberapa jenis barang yang umumnya disimpan di bagian pintu kulkas, contohnya saja seperti karton susu dan botol sirup.

Barang-barang ini cukup berat dan membuat pintu tak mampu untuk menutup dengan sendirinya.

Jika terlalu banyak barang berat di area pintu, sebaiknya pindahkan untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Kapan Harus Mematikan Kulkas saat Tidak Digunakan?

Cek karet perekat kulkas

Ada beberapa alasan pintu kulkas tidak mau menutup, salah satunya ialah adanya masalah pada perekat pintu kulkas seperti:

  • Perekat longgar: coba dorong perekat kembali ke alurnya, jika sulit menempel kembali gunakan petroleum jelly ada alur dibalik karet perekat kulkas, ini akan memudahkan untuk mengembalikan karet pada alurnya.
  • Perekat kotor: meskipun kotoran pada karet kulkas tidak kasat mata, ia dapat mencegah pintu menutup secara otomatis. Bersihkan karet dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun, gunakan kain lembut untuk membersihkan sela karet. Pastikan tidak ada sisa minyak, lemak atau jamur yang ada di karet perekat.
  • Perekat kering dan retak: setelah digunakan untuk waktu yang lama, karet perekat kulkas mungkin mengering dan mulai retak.

Sebaiknya ganti perekat dengan yang baru. Cobalah letakkan selembar kertas, lalu tutup pintu kulkas. Jika kertas jatuh dengan mudah ini berarti perekat mu tidak bekerja.

Baca juga: Koil Kondensor Kulkas Harus Dibersihkan Setiap 6 Bulan, Kenapa?

Periksa apakah kaki kulkas sudah sejajar atau belum

Ada beberapa buah yang tidak perlu disimpan di kulkas, seperti pisang, jeruk, dan alpukat.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ada beberapa buah yang tidak perlu disimpan di kulkas, seperti pisang, jeruk, dan alpukat.

Seringkali pintu kulkas tidak menutup karena kulkas miring akibat kaki kulkas yang tidak sejajar. Jika area kulkas tidak rata, gunakan level atau alas agar permukaannya rata. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan ialah:

  • Tarik grill dari bagian bawah kulkas untuk membuka kaki dan sekrup pengatur ketinggian.
  • Putar kaki pengatur ketinggian dengan tang searah atau berlawanan arah jarum jam untuk menaikkan atau menurunkan kulkas
  • Beberapa jenis kulkas memiliki baut di area kaki depan untuk meratakan kulkas. Gunakan obeng untuk menyesuaikan tinggi kulkas.
  • Kembalikan grill di bagian bawah kulkas, jika grill bengkok kemungkinan kamu perlu menggantinya agar kulkas lebih stabil.

Baca juga: 7 Tips Mengatur Isi Kulkas agar Rapi dan Mencegah Makanan Terbuang

Naikkan kaki depan kulkas

Salah satu cara instan untuk bisa membuat pintu kulkas menutup secara otomatis adalah dengan menaikkan kaki bagian depan kulkas. Pastikan ini tidak membuat isi dalam kulkas menjadi berantakan atau bahkan tumpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com