Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Menjaga Kulkas Tetap Bekerja Efisien Saat Cuaca Panas

Menutup pintu kulkas dengan cepat dan tidak membiarkannya terlalu lama terbuka menjadi salah satu cara mengurangi beban atau kerja kulkas. 

Selain itu, dilansir dari Consumer Report, Selasa (29/3/2022), untuk menjaga makanan tetap aman, kulkas harus diatur dalam suhu antara satu sampai tuga derajat Cesius dan freezer 0 derajat Celsius. 

Menyetel suhu kulkas terlalu tinggi membuat makanan berisiko rusak, sebaliknya menyetelnya terlalu rendah akan membuang-buang energi. Jika kulkas tidak memiliki termometer built-in, gunakan termometer alat.

Berikut adalah beberapa tips lain dari Departemen Energi dan Pertanian Amerika Serikat untuk menjaga kulkas tetap bekerja efisien saat suhu panas.  

Berikan ruang 

Pastikan kulkas tidak didorong ke dinding sehingga udara dapat bersirkulasi dengan bebas dan menyebarkan panas dari kondensor dengan lebih baik. Sisakan beberapa sentimeter di antara dinding dan kulkas. 

Jaga agar kedap udara 

Seiring waktu, gasket dan segel bisa bocor. Untuk menguji pintu kulkas masih menutup dengan baik, letakkan selembar kertas atau uang kertas pada pintu kulkas dan tutup pintunya.

Jika Anda dapat menarik kertas dengan mudah, artinya segel atau paking perrlu diganti. 

Penyimpanan pintu

Suhu kulkas pada area pintu lebih berfluktuasi daripada bagian dalam kulkas. Jadi, jangan menyimpan makanan yang mudah rusak seperti telur pada bagian pintu. Sebaiknya, simpai telur dalam karton di rak. 

Jangan membebaninya 

Menambahkan terlalu banyak barang bersuhu ruangan seperti kaleng soda atau botol jus menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan kulkas.

Cukup tambahkan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan Anda selama satu atau dua hari. 

Sering mencairkan 

Jika Anda kurang beruntung memiliki kulkas dengan pencairan manual, jangan biarkan embun beku menumpuk lebih dari seperempat sentimeter. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/29/202600576/7-tips-menjaga-kulkas-tetap-bekerja-efisien-saat-cuaca-panas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke