Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Ambil KPR di 2 Area Prospektif Ini, Kenapa?

Kompas.com - 17/06/2021, 10:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kini sedang mendorong sektor properti atau perumahan guna menggenjot perekonomian. Sebab, industri ini dapat memberikan multiplier effect kepada 174 industri ikutan dan 350 jenis industri kecil terkait.

Berbagai stimulus diberikan kepada industri perumahan untuk mendongkrak penjualan hunian. Sehingga, dengan kebijakan pemerintah tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya saat ini adalah kondisi termudah untuk membeli rumah.

Oleh karena itu, konsumen bisa mulai mencari daerah hunian yang akan diincar sekaligus menyesuaikan dengan kemampuan finansialnya.

Baca juga: BTN Garap Potensi KPR untuk Akademisi Undip dan Unnes

Adapun berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q2 2021, terjadi penurunan indeks harga properti disertai kenaikan suplai properti secara nasional pada kuartal I 2021.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com menjelaskan, tingginya likuiditas perbankan saat ini menyebabkan pemerintah dan otoritas keuangan terkait berupaya memberikan stimulus melalui berbagai insentif kebijakan dan relaksasi.

Adanya stimulus tersebut diharapkan bisa mendorong kembali terjadinya pertumbuhan kredit.

"Untuk sektor properti, pemerintah melakukan relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi nol persen atau PPN ditanggung pemerintah untuk sektor perumahan yang berlaku mulai 1 Maret 2021 sampai 31 Agustus 2021. Selain itu ada pula insentif berupa uang muka atau Down Payment (DP) nol persen untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui kebijakan dari Bank Indonesia," jelas Marine dalam keterangan tertulis, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Akad Perdana KPR Tapera BTN Sudah Dimulai di Lampung

Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) juga menunjukkan beberapa area yang prospektif bagi konsumen. Dua area diantaranya adalah Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Pada kuartal kuartal I 2021, Kecamatan Cisauk dan Kecamatan Curug, berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index menjadi dua area yang paling prospektif. Cisauk dan Curug menawarkan peluang terbaik bagi konsumen di masa sekarang.

Berdasarkan analisis Rumah.com, kedua area ini terletak bersebelahan dengan kawasan hunian terpadu yang telah mapan.

Cisauk diapit oleh Kecamatan Pagedangan dan Kecamatan Serpong, di mana di area tersebut terdapat kawasan kota mandiri BSD City. Meski demikian, dari sisi harga, Cisauk memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan harga di kedua kawasan tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com