Kompas.com - 16/06/2021, 22:18 WIB
Ilustrasi ruang tamu Unsplash/Sidekix MediaIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperoleh efek halus dan menenangkan di setiap ruangan di rumah bisa didapat melalui pengaplikasian cat dengan memilih palet warna yang seimbang.

Seperti diketahui, beberapa warna cat memiliki efek menenangkan. “Cara terbaik mendapatkan ketenangan di ruangan adalah memilih warna cat netral,” kata Lorna Aragon, editor rumah Martha Stewart. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Menambah Kebahagiaan di Rumah

Namun, krem bukan satu-satunya pilihan warna netral. Ada begitu banyak pilihan warna cat netral, di antaranya putih, hitam, cokelat, beige, juga abu-abu.

Aragon mengatakan beberapa warna netral favoritnya hadir dalam bentuk pastel yang diredam, yang dapat menambahkan dampak instan, bahkan pada ruang paling suram.

Melansir dari laman Martha Stewart, Rabu (16/6/2021), Aragon membagikan kombinasi warna cat netral untuk setiap ruangan di rumah. 

Baca juga: 7 Warna Cat yang Bisa Mengubah Ruang Kecil Tampak Lebih Besar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamar mandi

Pencahayaan alami bisa agak terbatas di kamar mandi. Untuk itu, Aragon biasanya merekomendasikan warna putih yang diredam seperti House White dari Farrow & Ball dibanding abu-abu yang lebih terang seperti Agreeable Grey dari Sherwin Williams untuk mencerahkan ruangan.

Sedangkan, untuk langit-langit atau plafon kamar mandi, Aragon menyarankan memberi warna silver ceria yang dapat bersinar, bahkan dalam gelap. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Cat Kamar Mandi Tidak Cepat Mengelupas dan Tahan Lama

Kamar tidur

Aragon mengatakan warna cat bisa sangat berani, bahkan di kamar tidur dan plafon. "Ketika mengecat plafon, saya berpikir tentang apa yang akan saling melengkapi dengan dua lainnya dan saya jauh dari putih," kata Aragon.

Ia bermain dengan warna kuning mentega dan pink yang berani, tetapi di sini ia memilih blush salmon dari Behr yang disebut Heavenly Aromas.

Selain menenangkan, warna ini bisa membuat ruangan terasa lebih besar. "Anda tidak perlu takut menambahkan warna ke plafon ruangan. Ini adalah pilihan sangat mudah karena banyak orang menyebut langit-langit sebagai dinding 'kelima'," kata Aragon. 

Baca juga: Catat, 7 Hal ini Tidak Boleh Dilakukan di Dapur

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X