Kompas.com - 16/06/2021, 20:07 WIB
Ilustrasi mesin cuci, ruang cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi mesin cuci, ruang cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli peralatan elektronik rumah tangga bisa menjadi investasi besar. Namun, ketika barang elektronik mengalami kerusakan, hal ini bisa menyebabkan sakit kepala dan membuat kesal.

Biasanya, saat barang elektronik itu rusak, kita kerap menyalahkan usia produk yang tampaknya lebih pendek dari usia sebenarnya. Padahal, hal ini tak sepenuhnya salah produk. 

Baca juga: Cara Menjaga Alat Elektronik Berbahan Stainless Steel Bebas Noda

Tanpa disadari, bisa jadi penyebabnya adalah kita sendiri yang sering melakukan kesalahan sehingga membuat masa pakai barang elektronik menjadi lebih pendek.

Melansir dari laman Family Handyman, Rabu (16/6/2021), berikut ini lima hal yang mempersingkat masa pakai peralatan elektronik. 

Baca juga: Sering Terlewatkan, Ini Daftar Alat Elektronik yang Harus Dibersihkan

Mesin cuci

Kesalahan ini sering dilakukan banyak orang. Mereka memasukkan handuk dan pakaian dalam jumlah banyak ke mesin cuci saat mencuci pakaian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, ini adalah ide buruk karena dapat membuat mesin cuci menjadi kelebihan beban, yang akhirnya membuat masa pakainya menjadi pendek.

Penyebab lainnya adalah menggunakan terlalu banyak detergen. Memasukkan detergen secara berlebihan dapat meningkatkan waktu siklus bilas. Akibatnya, membawa mesin cuci lebih dekat ke akhir masa pakai. 

Baca juga: 3 Peralatan Elektronik di Rumah yang Mudah Rusak

Vacuum cleaner

Kebanyakan orang enggan mengosongkan cangkir kotoran pada vacuum cleaner, baik sebelum maupun setelah menyedot debu dari seluruh rumah. 

Padahal, unit yang terisi penuh oleh debu tidak hanya membuat kinerja vacuum cleaner berjalan kurang efisien, tetapi juga pada akhirnya memperpendek umur mesin. 

Baca juga: 7 Kegunaan Lain Vacuum Cleaner, Tidak Hanya untuk Menyedot Debu

Kulkas

Jika memiliki keluarga besar dan kulkas yang selalu penuh, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan membeli kulkas yang lebih besar.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X