Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memaksimalkan Ruang dan Kehidupan di Apartemen

Kompas.com - 17/05/2021, 20:16 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan ruang sering kali menjadi hal yang dikeluhkan mereka yang tinggal di apartemen. Ruang yang kecil ini tak jarang memunculkan banyak tantangan.

Mulai dari, kesulitan untuk berkreasi saat mendekorasi ruangan, beberapa apartemen tidak memiliki halaman belakang, kurangnya pencahayaan dan ventilasa udara, serta peluang memiliki hewan peliharaan di apartemen yang sangat sulit. 

Baca juga: Ingin Berkebun di Balkon Apartemen? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dulu

Namun, keterbatasan ruang bukan berarti harus mengorbankan kualitas hidup. Dengan ruang terbatas, kamu masih bisa berkreasi untuk meningkatkan kualitas hidup di apartemen.

Nah, dilansir dari laman Homes to Love, Senin (17/5/2021), berikut ini adalah lima cara memaksimalkan ruang dan kehidupan di apartemen. 

Baca juga: Ingin Beli Apartemen? Ini Tips Menurut Feng Shui

Sewa Penyimpanan Ekstra

Hanya karena ruangan memiliki tempat penyimpanan yang terbatas, bukan berarti harus membuang barang-barang yang tidak muat lagi di lemari.

Sebagai solusi, kamu bisa menyewa penyimpanan ekstra atau lemari cadangan lewat situs platform yang menawarkan jasa tersebut. Nah, kamu bisa menyimpan barang-barang yang sudah tidak muat lagi di lemari atau tidak lagi digunakan di sana dan mengambilnya jika diperlukan. 

Baca juga: Kewenangan Pengelola Apartemen Dipandang Perlu Ditambah, Buat Apa?

Atur Barang Semaksimal Mungkin

Selain menemukan solusi penyimpanan yang cerdas dan menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan, memiliki hunian yang bersih dan teratur sangat penting ketika tinggal di apartemen.

Untuk itu, biasakan diri menyimpan barang-barang secara rapi dan teratur demi membuat ruangan tetap tertata dan memudahkan dalam pencarian saat dibutuhkan. 

Baca juga: Milenial Lebih Tertarik Beli Rumah Daripada Apartemen?

Mendaftar Sebagai Pengasuh Hewan 

Kebanyakan apartemen tidak memperbolehkan penghuni memiliki atau memelihara hewan peliharaan. Jika apartemen tempat kamu tinggal kamu tidak memperbolehkannya, kamu dapat mengunjungi rumah penitipan hewan untuk menyalurkan kasih sayang pada hewan.

Kamu juga bisa mendaftar sebagai pengasuh di sana dan mendapat bayaran untuk merawat hewan-hewan di tempat tersebut. 

Baca juga: Mau Beli Apartemen untuk Investasi? Ini Beberapa Tipsnya

Buat Taman Sendiri

Merawat tanaman hias semakin diminati saat ini. Namun, keterbatasan lahan, kerap menghalangi keinginan tersebut. Bila apartemen tidak memiliki halaman belakang, kamu bisa berkebun atau membuat taman di dalam ruangan.

Pilih tanaman dalam ruangan seperti lidah mertua, lidah buaya, rosemary, dan spider plant. Letakkan beberapa pot di ruang tamu dan sebagian lagi di kamar mandi.  

Baca juga: Tips Desain Apartemen atau Kost Bergaya Korea

Meminimalkan Lemari Pakaian

Sama dengan barang-barang, kamu juga harus memaksimal ruang pada lemari baju. Singkirkan pakaian yang sudah tidak muat dan tidak lagi digunakan dari lemari.

Kamu bisa menjual pakaian tersebut atau menyumbangkannya kepada yang membutuhkan. Selain membuat rapi penyimpanan, hal ini juga meringankan kamu saat membereskan hunian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com