Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Ikan Hias Akuarium dengan Perawatan Mudah untuk Pemula

Kompas.com - 13/05/2021, 16:00 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Memelihara ikan hias di akuarium bisa jadi solusi untuk kamu yang hobi mengoleksi ikan hias, tetapi memiliki lahan terbatas di rumah.

Untuk sebagian orang, hobi mengoleksi ikan hias adalah hal menyenangkan karena dapat leluasa menciptakan dunia akuatikmu sendiri, lalu menghiasnya sesuai keinginan dan mengisinya dengan ikan-ikan hias favoritmu.

Baca juga: Bisakah Pakai Spons Dapur untuk Filter Akuarium Ikan Hias?

Selain itu, cara ini juga bisa dijadikan referensi untuk mendekorasi ruangan agar lebih hidup, bahkan memberikan ketenangan dan relaksasi setelah penat seharian bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Jika kamu adalah seorang pemula dalam hal memelihara ikan hias, penting untuk mengetahui jenis ikan hias apa saja yang perawatannya mudah, praktis, dan dapat bertahan hidup dalam lingkungan apa pun. 

Baca juga: Panduan Menangani Ikan Guppy yang Baru Dibeli

Yuk, mengenal lebih dalam tentang jenis ikan hias akuarium dengan perawatan mudah dan praktis untuk pemula melansir dari homestratosphere pada Rabu, (12/5/2021).

Goldfish

Tak dapat dipungkiri bahwa goldfish adalah salah satu jenis ikan hias akuarium yang paling populer. Selain bentuk dan warnanya menarik, perawatan goldfish mudah serta praktis. 

Baca juga: Panduan Feng Shui Meletakkan Akuarium Ikan di Dalam Hunian

Ikan yang berasal dari Dinasti Jin China (265-420 AD) ini tidak memerlukan banyak variasi untuk membuatnya lebih menarik karena bentuknya sudah cantik dan mencuri perhatian banyak orang. 

Goldfish juga memiliki lebih dari 200 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari, lionhead goldfish (dengan ciri khas penutup kepala), the telescope goldfish (dengan mata besar yang menonjol), the veitail (dengan ekor mekar layaknya kain yang menjuntai indah), dan the pompom (dengan tubuh bulat, pendek, dan sirip yang tebal).

Baca juga: 5 Pilihan Jenis Ikan yang Dapat Hidup Dalam Satu Akuarium

Guppy

Ikan guppyshutterstock Ikan guppy

Ikan guppy juga dikenal dengan sebutan ikan jutawan atau ikan pelangi. Guppy tergolong salah satu ikan hias air tawar paling populer yang dipelihara dalam akuarium.

Selain perawatannya yang mudah, guppy juga memiliki ketahanan tubuh yang baik. Bahkan ia masih bisa bertahan hidup meski tidak makan selama seminggu. 

Baca juga: 5 Salah Kaprah tentang Ikan Mas, Umur hingga Akuarium

Ikan guppy tidak terlalu selektif dalam hal makanan. Ikan ini menyukai berbagai pakan ikan seperti cacing darah, udang air asin, daphnia atau kutu air, dan ikan kecil lainnya.

Kelebihan lainnya ialah ikan guppy memiliki kombinasi warna yang indah sehingga membuatmu betah berlama-lama melihatnya. 

Baca juga: Ikan Cupang Terus Berada di Dasar Akuarium, Apa yang Terjadi?

Namun, perlu diingat bahwa ikan guppy ini bisa berkembang biak dalam jumlah banyak dalam waktu singkat. Karena itu, sebaiknya pisahkan ikan guppy jantan dan betina.

Neon Tetra

Neon tetra dalah ikan hias berukuran kecil, yakni tiga sentimeter dengan warna neon yang menarik mata. Warna-warna sisiknya yang cerah dan berkilauan jadi daya tarik tersendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com