Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Merenovasi Dapur dengan Biaya yang Hemat

Kompas.com - 04/05/2021, 19:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Asia One

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak alasan berbeda mengapa penghuni rumah ingin merenovasi dapur yang dimilikinya, entah karena tampilan yang sudah tua atau menginginkan tampilan baru yang lebih segar dan mengikuti tren.

Sayangnya, banyak yang menganggap bahwa proses renovasi bisa memakan biaya yang cukup tinggi, sehingga tak jarang membuat banyak penghuni rumah berpikir keras.

Tapi, proses renovasi tidak harus selalu menggelontorkan uang banyak, karena kamu bisa mengakalinya dengan beberapa tips agar menjadi hemat anggaran.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Membersihkan Meja Dapur, Apa Saja?

Dilansir dari Asia One, Selasa (4/5/2021), berikut ini adalah 4 tips untuk membantumu dalam menjalani renovasi dapur yang sukses dengan anggaran terbatas.

1. Buat anggaran dan ketahui harga-harganya

Jika kamu berpikir untuk memperbaiki dapurmu dengan anggaran terbatas, kamu mungkin telah melihat beberapa gaya dan opsi berbeda untuk dapur barumu.

Ada berbagai biaya berbeda yang dapat diharapkan dari renovasi hingga mengecat dapurmu. Pastikan untuk mempertimbangkan biaya rata-rata renovasi dapur.

Memiliki perencanaan anggaran dalam pikiran bahkan sebelum berbicara dengan desainer interior akan membantumu dan desainer interiormu lebih memahami apa yang diharapkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur, Pakai Cuka dan Soda Kue

Pada proyek renovasi besar, kamu disarankan untuk mempertimbangkan menyewa desainer interior profesional, karena sering kali dapat menghemat uang untuk total biaya.

2. Siapkan material bangunan sebelum renovasi dimulai

Jika kamu sudah sampai sejauh ini dalam proyek renovasi dapurmu, kamu mungkin sudah memilih material apa yang ingin kamu beli (misalnya keramik, cat, peralatan dapur, dan lain-lain).

Proses ini secara alami akan menggairahkan siapa pun, dan dorongan untuk merenovasi dapur akan dimulai sesegera mungkin.

Jika kamu berencana untuk hanya menyewa kontraktor dan mengelola sebagian besar proses renovasi sendiri, pastikan untuk mempertimbangkan membeli material sebelum memulai pembongkaran apa pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com