Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat AS Sedang Debatkan Kentang Termasuk Sayuran atau Bukan

Kompas.com - 29/03/2024, 09:24 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pejabat AS tengah memperdebatkan kentang apakah termasuk sayuran atau bukan.

Senator AS Susan Collins dan Michael Bennet memelopori upaya meyakinkan para pejabat pemerintah agar membatalkan rencana untuk menyebut kentang sebagai grain.

Dua politikus anggota Partai Republik dari Maine dan anggota Partai Demokrat dari Colorado itu menyebut, rencana pemerintah tersebut sebagai sebuah langkah yang dikhawatirkan akan merugikan pertanian.

Baca juga: Truk Terbalik Menumpahkan Kentang di Jalanan Washington

"Sejak awal berdirinya Departemen Pertanian AS telah mengklasifikasikan kentang dengan benar sebagai sayuran," kata Collins dan Bennet dalam sebuah surat kepada USDA dan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Usulan untuk mencabut status "sayuran" dari kentang sendiri muncul dalam Pedoman Diet untuk Amerika 2025-2030 yang akan datang, yang diproduksi bersama oleh kedua departemen tersebut.

Menurut data USDA, penduduk Amerika makan lebih banyak kentang daripada sayuran lainnya, yakni 50 pon per orang per tahun dan setengahnya dalam bentuk beku, misalnya kentang goreng.

Di samping itu, para ahli gizi telah memberikan gambaran suram mengenai kebiasaan konsumsi sayur oleh masyarakat di AS dalam sebuah penelitian yang dilakukan pemerintah pada 2019.

Mereka memperkirakan bahwa hanya sepersepuluh orang dewasa yang cukup mengonsumsi sayur-sayuran.

Para ahli pun tidak setuju apakah kentang harus dihitung sebagai asupan sayuran seseorang, karena bahan makanan itu mengandung karbohidrat yang tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Baca juga: Ngamuk Tak Disediakan Kentang, Pria Ini Blokir Drive-Thru McDonalds

Sementara, para senator menunjuk pada studi National Library of Medicine tahun 2013 yang menyatakan kentang "harus dimasukkan ke dalam kelompok sayuran karena menyumbangkan nutrisi penting."

"Tidak perlu diperdebatkan mengenai karakteristik fisik kentang dan klasifikasi ilmiah hortikultura. Tidak seperti grain, kentang putih merupakan penyumbang kalium, kalsium, vitamin C, vitamin B6, dan serat yang kuat," kata mereka, sebagaimana dikutip dari AFP.

Para senator mengatakan, perubahan dalam klasifikasi tersebut akan membingungkan konsumen, pengecer, pemilik restoran, dan petani.

Menurut publikasi The Maine Wire secara online, pertanian kentang menyumbang 540 juta dollar AS dalam penjualan tahunan bagi perekonomian negara bagian Collins, dengan 6.100 pekerjaan yang terkait dengan industri ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com