Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yudi Saputra, WNI yang Hilang di Los Angeles AS, Ditemukan

Kompas.com - 12/09/2023, 20:51 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: Eva Mazrieva/VOA Indonesia

LOS ANGELES, KOMPAS.com- Yudi Saputra, warga negara Indonesia (WNI) yang dilaporkan hilang di Los Angeles sejak 31 Agustus lalu, telah ditemukan dalam keadaan sehat oleh pihak keluarga.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, mengonfirmasi hal ini saat dihubungi VOA melalui telepon Senin pagi (11/9/2023).

“Benar sudah ditemukan,” jawab Judha singkat. Kemudian ia memaparkan bahwa “secara fisik Yudi Saputra dalam kondisi sehat dan aman,” dan “setelah dilakukan pendalaman, hilangnya Yudi Saputra tidak terkait dengan tindak kriminalitas.”

Baca juga: KJRI Los Angeles: Polisi Masih Cari WNI Yudi Saputra

Meskipun demikian ia tidak dapat merinci keterangan lain di balik “hilang”-nya mahasiswa California International University, yang diketahui bekerja sambilan sebagai pengemudi layanan jasa antar makanan, Uber Eats.

“Karena alasan yang sifatnya pribadi,” jawab Judha.

Hal senada disampaikan Konsul Protokol dan Konsuler KJRI LA Charles Ferdinand Hutapea, yang hanya mengatakan “tidak ada keterkaitan dengan tindak kriminal.”

Yang pasti pihak KJRI LA pada Minggu (10/9/2023) malam telah mendampingi keluarga untuk mencabut laporan orang hilang di kepolisian setempat, dan “kasus tersebut secara resmi ditutup oleh Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD),” tambah Charles Hutapea.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesian Consulate in LA (@indonesiainla)

Yudi Saputra, yang memiliki seorang istri dan anak, dilaporkan hilang sejak 31 Agustus dan diketahui terakhir kali berada di dekat Adams Jefferson, Los Angeles.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) lewat akun Instagram ketika itu mengatakan, “Yudi Saputra mengenakan kaos garis-garis putih abu-abu dan celana pendek berwarna biru gelap. Ia membawa mobil Chevy Equinox, dengan nomor kendaraan 6ZAT790.”

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PPI Dunia (@ppidunia)

Pihak keluarga pada 1 September melaporkan kasus hilangnya alumni jurusan Antropologi FISIP Universitas Padjajaran itu ke Missing Persons Unit, Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD).

Baca juga: WNI Ceritakan Detik-detik Gempa Maroko, Burung Peliharaan Kelabakan, Air Akuarium Hampir Tumpah

Disangka hilang, dosen UII memilih tinggal di AS

Kasus hilang dan kembalinya Yudi Saputra ini mengingatkan akan kasus serupa pada Februari-Maret lalu.

Dosen Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie, dilaporkan hilang setelah mengikuti rangkaian acara di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia, yang berlangsung sejak 5 Februari.

Teman-temannya dari tim UII terakhir kali bertemu dengannya pada 11 dan 12 Februari ketika mereka kembali ke Tanah Air.

Kepolisian Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri berupaya menelusuri keberadaan Ahmad Rafie, yang kemudian diketahui masuk ke Boston, Amerika, lewat Istanbul, Turkiye.

Judha Nugraha pada 24 Februari menjelaskan kepada wartawan bahwa pihak “Kemlu dan KJRI New York telah menjalin komunikasi langsung dengannya; dan Konjen RI di New York telah bertemu langsung dengan beliau. Saat ini ia berada di Amerika dan alhamdulillah dalam keadaan aman.”

Seminggu kemudian Rektor UII Prof Fathul Wahid juga mengatakan, Ahmad Rafie telah menjawab e-mail yang dilayangkan dan seluruh perkuliahan yang diampunya telah dimitigasi kampus.

Baca juga: Dosen UII Hilang Kontak, KJRI Istanbul Bantu Penelusuran, KBRI Ankara Sebut Kecil Kemungkinan Terkait Gempa

Artikel ini pernah dimuat di VOA Indonesia dengan judul Yudi Saputra, WNI Yang Hilang di LA Sudah Kembali, Laporan ke Polisi Dicabut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com