Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biarkan Penumpang Terjebak Panas Ekstrem, AS Selidiki Delta Airlines

Kompas.com - 21/07/2023, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Transportasi Amerika Serikat Pete Buttigieg sedang menyelidiki mengapa para penumpang Delta Airlines tetap berada di dalam pesawat di bandara Las Vegas yang berada di landasan pacu dalam cuaca yang sangat panas pada hari Senin (17/7/2023).

Dia mengutip laporan-laporan yang menyebutkan bahwa pesawat tersebut berada di sana selama empat jam.

"Saya ingin tahu bagaimana mungkin penumpang dibiarkan berada dalam suhu panas tiga digit di dalam pesawat selama itu," kata Buttigieg kepada Reuters pada hari Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Australia Kirim Pesawat Pengintai ke Jerman, Bantu Pantau Ukraina

Dia menyebut masalah ini menjengkelkan dan mengejutkan.

Selama penundaan di landasan pacu, maskapai penerbangan harus menyediakan suhu kabin yang nyaman dan mulai memindahkan pesawat dalam waktu tiga jam setelah penerbangan domestik yang tertunda ke lokasi di mana penumpang dapat keluar.

Delta mengatakan bahwa pihaknya sedang meninjau insiden tersebut dan menambahkan bahwa beberapa penumpang terlihat oleh petugas pertolongan pertama, sementara seorang pramugari dan penumpang dibawa ke rumah sakit setempat.

"Bahkan di bawah suhu normal, penundaan di landasan pacu seharusnya tidak berlangsung selama itu dan kami memiliki aturan tentang hal itu, yang secara aktif kami terapkan dan hal ini sedang kami selidiki saat ini," kata Buttigieg, seraya menambahkan bahwa ada juga aturan tentang suhu maksimum kabin.

Seorang produser Fox News berada di dalam pesawat Penerbangan 555 dari Las Vegas ke Atlanta yang akhirnya dibatalkan.

Fox News melaporkan para penumpang menunggu dalam suhu 111 derajat Fahrenheit (43,8 Celcius) tanpa pendingin ruangan ketika pilot mengumumkan bahwa pesawat akan kembali ke bandara dengan alasan ada beberapa keadaan darurat.

Pada saat itu, para penumpang diberi pilihan untuk meninggalkan pesawat namun diberitahu bahwa jika mereka melakukannya, akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan penerbangan lain ke Atlanta.

Baca juga: Korea Utara Tuduh Pesawat Mata-mata AS Langgar Wilayah Udaranya

Delta mengatakan waktu keberangkatan awal hingga penerbangan dibatalkan hanya lebih dari tiga jam.

Tetapi maskapai tersebut mencatat bahwa pesawat tersebut melakukan setidaknya satu kali pengembalian gerbang karena masalah berat dan keseimbangan yang berhubungan dengan panas.

Baca juga: Viral Pramugari Larang Penumpang Naik Pesawat karena Mabuk

Delta mengatakan telah meminta maaf secara langsung kepada para penumpang dalam penerbangan tersebut, dan menambahkan bahwa mereka telah menerima kompensasi dan ditampung dalam penerbangan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com