Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Josep Borrell di Jakarta: Lavrov Sebut Perang Rusia-Ukraina Akan Terus Berlanjut

Kompas.com - 14/07/2023, 21:52 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell pada Jumat (14/7/2023) menyebut, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengecam kritik atas invasi Rusia ke Ukraina dalam pembicaraan dengan puluhan menteri luar negeri ASEAN di Jakarta, Indonesia.

"Lavrov menanggapi saya dengan sangat agresif dan menjelaskan sudut pandangnya, dengan mengatakan bahwa semuanya adalah 'konspirasi Barat' dan perang akan terus berlanjut... karena Rusia sama sekali tidak siap untuk menghentikan agresi dan menarik mundur pasukannya," ujar Josep Borrell kepada para reporter setelah pertemuan Forum Regional ASEAN.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Borrell mengaku telah menjelaskan kepada Lavrov mengapa 27 anggota UE mendukung Ukraina dan meminta Rusia untuk menarik pasukannya dari Ukraina sebagai satu-satunya cara untuk menghentikan perang.

Baca juga: Media Asing: Krisis Myanmar Jadi Agenda Utama Pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta

Percakapan tersebut terjadi pada sebuah pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di ibu kota Indonesia yang juga dihadiri oleh pejabat tinggi dari Amerika Serikat, China, dan Jepang.

Pada tahun lalu, Uni Eropa sendiri telah memberikan status kandidat kepada Ukraina sebagai anggota, setelah invasi Rusia.

Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, akan mengeluarkan penilaian yang lebih lengkap mengenai kemajuan Ukraina pada Oktober dan memberikan pendapatnya mengenai apakah akan memulai negosiasi keanggotaan.

Kyiv telah mendorong agar perundingan dimulai tahun ini dan bersikeras bahwa mereka telah membuat langkah besar bahkan ketika mereka berjuang melawan pasukan Moskwa.

Baca juga: Blinken Ajak ASEAN Tekan Junta Myanmar Hentikan Kekerasan dan Kembali ke Demokrasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com