Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Banyak Jumlah Tentara Rusia yang Tewas di Ukraina Versi Analis

Kompas.com - 12/07/2023, 18:45 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Penulis: VOA Indonesia

KYIV, KOMPAS.com - Hampir 50.000 tentara Rusia telah meninggal dalam perang di Ukraina, menurut analisa statistik independen pertama tentang korban dari pihak Rusia.

Dua kantor berita Rusia independen, Mediazona dan Meduza, telah bekerja dengan ilmuwan data di Universitas Tübingen, Jerman, menggunakan data pemerintah Rusia untuk mengungkapkan salah satu rahasia paling tersembunyi yaitu berapa besar korban jiwa dalam invasi ke Ukraina.

Untuk melakukan hal itu, mereka mengandalkan konsep statistik yang dipopulerkan saat perebakan luas pandemi Covid-19, yang disebut “excess mortality”.

Baca juga: Prigozhin Klaim Pasukan Wagner Rebut Markas Tentara Rusia tanpa Satu Pun Tembakan

Berdasarkan catatan yang ditinggalkan dan data kematian resmi, mereka memperkirakan berapa banyak laki-laki di bawah usia 50 tahun yang meninggal antara bulan Februari 2022 hingga Mei 2023.

Baik Rusia maupun Ukraina sama-sama tidak memberikan data yang tepat tentang kerugian militer, dan masing-masing negara itu berupaya memperbesar jumlah korban di pihak lain.

Rusia telah mengakui secara terbuka kematian lebih dari 6.000 tentara mereka.

Aktivis dan wartawan independen mengatakan laporan tentang kerugian militer itu telah sedapat mungkin ditekan oleh media di Rusia.

Mendokumentasikan orang yang telah meninggal menjadi tindakan pembangkangan di Rusia, dan mereka yang melakukannya berpotensi menghadapi pelecehan serta tuntutan pidana.

Terlepas dari berbagai tantangan itu, Mediazona dan BBC Siaran Rusia, bekerja sama dengan jaringan sukarelawan, telah menggunakan pesan-pesan di media sosial dan foto kuburan di seluruh Rusia untuk membangun database korban tewas akibat perang itu yang berhasil dikonfirmasi.

Pada 7 Juli lalu mereka mengindentifikasi 27.423 tentara Rusia yang tewas.

Baca juga: Tentara Rusia yang Hancurkan Tank Leopard Jerman di Ukraina Diganjar Bonus Rp 180 Juta

“Ini hanya tentara yang kami kenal namanya, dan kematian mereka dalam setiap kasus telah diverifikasi oleh berbagai sumber,” ujar editor di Mediazona, Dmitry Treshchanin, yang membantu mengawasi penyelidikan itu.

“Perkiraan yang kami lakukan bersama Meduza memungkinkan untuk melihat kematian yang coba disembunyikan oleh pemerintah Rusia secara luar biasa, namun tidak berhasil,” tambahnya, sebagaimana diberitakan Associated Press (AP).

Untuk mendapatkan hasil penghitungan yang lebih komprehensif, wartawan-wartawan Mediazona dan Meduza mendapatkan catatan kasus yang diajukan pihak berwenang Rusia.

Data dari National Probate Registry itu berisi informasi kematian lebih dari 11 juta orang, antara tahun 2014 dan Mei 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com