Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Perang Ukraina, Jumlah Pengungsi Global Alami Kenaikan Terbesar

Kompas.com - 14/06/2023, 15:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Perang di Ukraina telah mendorong peningkatan tahunan terbesar orang yang terpaksa mengungsi akibat penganiayaan, konflik, kekerasan dan pelanggaran HAM dalam beberapa dekade, menurut badan pengungsi PBB.

Pada tahun 2022, jumlah pengungsi global tumbuh sebesar 21 persen, mencapai sekitar 108,4 juta pada akhir tahun.

Jumlah itu kemungkinan meningkat menjadi lebih dari 110 juta orang pada Mei 2023, dengan invasi Rusia yang sedang berlangsung dan perang di Sudan menjadi pendorong terbesar pertumbuhan, menurut sebuah laporan yang dirilis pada hari Rabu (14/6/2023) oleh UNHCR.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-475 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Rebut Tank Leopard, Putin Berpikir Keluar dari Kesepakatan Biji-bijian

“Angka-angka ini menunjukkan kepada kita bahwa beberapa orang terlalu cepat terburu-buru menuju konflik, dan terlalu lambat untuk menemukan solusi. Konsekuensinya adalah kehancuran, pemindahan, dan penderitaan bagi jutaan orang yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka,” kata Filippo Grandi, komisaris tinggi PBB untuk pengungsi, dilansir dari Guardian.

Jumlah total pengungsi di seluruh dunia meningkat pada akhir tahun 2022 dengan rekor 35 persen atau 8,9 juta orang, mencapai 34,6 juta, kata laporan itu.

Peningkatan tersebut sebagian besar disebabkan oleh orang-orang dari Ukraina, dan perkiraan yang direvisi dari orang Afghanistan di Iran dan Pakistan.

Pada hari-hari awal perang di Ukraina, UNHCR mengatakan lebih dari 200.000 pengungsi per hari mencari keselamatan melintasi perbatasan, awalnya di negara-negara tetangga Ukraina.

Pada akhir tahun 2022, '11,6 juta orang Ukraina tetap mengungsi, termasuk 5,9 juta di dalam negara mereka, dan 5,7 juta yang melarikan diri ke negara tetangga.

Hal menciptakan krisis pemindahan tercepat, dan salah satu yang terbesar, sejak perang dunia kedua.

“Laporan tersebut merupakan dakwaan terhadap keadaan dunia kita, yang tampaknya semakin berbahaya dan tidak dapat diprediksi,” kata Matthew Saltmarsh, kepala bagian berita dan media UNHCR.

Baca juga: Putin Berpikir Tarik Rusia Keluar dari Kesepakatan Ekspor Gandum Ukraina

“Konflik, ketidakamanan, dan pelanggaran hak terus berlanjut atau tersulut di banyak tempat, menambah gerakan,” ujarnya.

Sementara invasi Ukraina telah menyebabkan krisis perpindahan paksa terbesar dalam hal besaran dan kecepatan pada tahun 2022, konflik dan ketidakamanan di bagian lain dunia juga terus berlanjut atau muncul kembali.

Pada April 2023, pertempuran meletus di Sudan antara tentara dan pasukan paramiliter RSF, dengan dampak yang menghancurkan penduduk sipil.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kemajuan Serangan Balasan Ukraina | Cara 4 Anak Selamat 40 Hari di Amazon

“Tahun ini, peningkatan tersebut terutama didorong oleh situasi di Sudan, di mana konflik sejak April telah menghasilkan hampir setengah juta pengungsi dan hampir tiga kali lebih banyak pengungsi internal,” kata Saltmarsh.

Sedikitnya 190 anak tewas dalam pertempuran di Sudan, dan jumlah orang yang kekurangan pangan akut di negara itu diperkirakan meningkat lebih dari 2 juta dalam tiga sampai enam bulan ke depan.

Situasi juga tetap serius dan putus asa di Myanmar, di mana, pada akhir Mei 2023, jumlah orang yang dipindahkan secara paksa meningkat sebesar 331.600 dari akhir tahun 2022 menjadi 1,8 juta, sementara jumlah pengungsi internal di Republik Demokratik Kongo naik menjadi 6,2 juta.

Baca juga: Rusia Rebut Tank Leopard di Ukraina, Jerman: Kami Tak Bisa Ganti Semua

UNHCR telah melaporkan pemindahan paksa selama beberapa dekade tetapi memiliki data yang dapat diandalkan sejak awal tahun 2000-an.

“Secara keseluruhan, lebih banyak upaya diperlukan oleh masyarakat internasional. Politisi harus fokus pada perdamaian serta terus memberikan dukungan keuangan untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi paksa,” kata Saltmarsh.

Baca juga: Jarang Terjadi, Putin Kunjungi Tentara Rusia yang Terluka dalam Perang Ukraina

“Pada akhir tahun 2022, UNHCR telah menerima lebih dari setengah dana yang dibutuhkan untuk tahun tersebut. 12 dari operasi kami kekurangan dana secara kronis, tetapi kami sekarang menanggapi lebih banyak keadaan darurat daripada sebelumnya,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com