Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RUU Minnesota Segara Legalkan Ganja untuk Tujuan Rekreasi

Kompas.com - 21/05/2023, 19:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

MINNEAPOLIS, KOMPAS.com - Para senator di Minnesota meloloskan undang-undang pada Sabtu (20/5/2023) yang akan mengizinkan penggunaan ganja rekreasional oleh orang-orang yang berusia di atas 21 tahun.

Hal itu menjadikannya negara bagian ke-23 yang melegalkan zat tersebut untuk orang dewasa.

Langkah tersebut telah disetujui oleh DPR dan sekarang diserahkan kepada Gubernur Demokrat Tim Walz, yang telah berjanji untuk menandatanganinya menjadi undang-undang.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Respons WNI soal Indomie di Taiwan | Singapura Eksekusi Tahanan Bawa 1 Kg Ganja

Dilansir dari Associated Press, pendukung RUU mengatakan itu akan meningkatkan kesehatan dan keselamatan publik dan keadilan sosial lebih lanjut, sementara penentang mengatakan kesehatan dan keselamatan justru akan memburuk.

Di bawah tindakan itu akan menjadi legal pada 1 Agustus untuk memiliki, menggunakan, dan menanam mariyuana di rumah. Penjualan eceran di apotik mungkin setidaknya satu tahun lagi.

Ini termasuk pajak 10 persen untuk produk ganja di atas pajak penjualan yang ada dan membatasi kepemilikan bunga ganja menjadi 2 pound di rumah dan 2 ons di depan umum.

Aturan kepemilikan lainnya termasuk 800 miligram THC dalam permen karet dan makanan lainnya dan 8 gram konsentrat ganja.

Warga yang telah dihukum karena pelanggaran ringan atau kepemilikan pelanggaran ringan akan mendapatkan catatan mereka secara otomatis dihapus.

Ini meskipun Biro Penahanan Pidana memperkirakan akan memakan waktu hingga Agustus tahun depan untuk memproses semuanya.

Orang-orang yang dihukum karena menjual mariyuana atau pelanggaran lain yang lebih serius tetapi terkait ganja tanpa kekerasan yang tidak lagi menjadi kejahatan atau akan menjadi pelanggaran yang lebih ringan.

Baca juga: Singapura Gantung Mati Tahanan yang Bawa 1 Kg Ganja

Mereka dapat mengajukan permohonan agar catatan mereka dibersihkan atau hukuman dikurangi.

Pemerintah daerah akan mendapatkan lebih banyak wewenang negosiasi untuk membatasi jumlah apotik dan menjauhkannya dari sekolah, tetapi mungkin tidak melarangnya sama sekali.

Senator Republik Jordan Rasmusson, dari Fergus Falls, berbicara menentang di lantai Senat hari Sabtu.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Perintah Putin Ditangkap | Pasta Gigi Ganja dari Indonesia

“Kelemahan mendasar dari RUU ini adalah bahwa titik awalnya dari para pendukungnya adalah tentang menciptakan industri yang sesuai dengan ideologi mereka,” kata Rasmusson.

Dia mengatakan tindakan tersebut memberikan poin bonus kepada orang-orang yang telah melakukan kejahatan narkoba di masa lalu, tidak cukup mengatasi kekhawatiran penegakan hukum tentang batas kepemilikan dan didorong oleh kepentingan komersial.

Senator Demokrat Lindsey Port, dari Burnsville, membalas bahwa itu akan melindungi anak-anak dari efek berbahaya dari pasar gelap dengan melegalkan dan mengatur ganja.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Berlin Izinkan Wanita Telanjang Dada di Kolam Renang | Pasta Gigi Ganja

Hal itu juga mengurangi risiko terhadap kesehatan dan keselamatan publik dan berinvestasi kembali di komunitas yang dirugikan oleh undang-undang ganja sebelumnya.

“Minnesota sudah siap. Mari legalkan, atur, dan hapus,” kata Port.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Saran Pensiunan Jenderal Rusia | Kata Menteri Malaysia soal Pasta Gigi Ganja

RUU itu disahkan 34-32 pada pemungutan suara garis partai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com