Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Islamabad Berikan Jaminan pada Mantan PM Imran Khan

Kompas.com - 12/05/2023, 19:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pengadilan tinggi di Islamabad pada Jumat (12/5/2023) memberikan perlindungan kepada mantan perdana menteri Imran Khan dari penangkapan dalam kasus korupsi dan memerintahkan dia dibebaskan dengan jaminan.

Putusan itu dikeluarkan ketika pemerintah dan legiun pendukung Khan berada di ujung tanduk setelah berhari-hari konfrontasi dengan kekerasan yang dipicu oleh penangkapan mantan perdana menteri awal pekan ini.

Pemerintah telah bersumpah akan menemukan cara untuk menahan Khan kembali, sebuah langkah yang kemungkinan akan menyebabkan kebangkitan kerusuhan dan serangan massa.

Baca juga: MA Pakistan Putuskan Penangkapan Imran Khan Tidak Sah

Dilansir Associated Press, putusan hari Jumat oleh Pengadilan Tinggi Islamabad memberi Khan perlindungan dari penangkapan atas salah satu dari beberapa kasus korupsi terhadapnya untuk jangka waktu dua minggu, suatu bentuk jaminan sementara yang biasanya diperbarui dalam sistem peradilan Pakistan.

Khan, bagaimanapun, tetap di pengadilan setelah keputusan tersebut karena pengacaranya mengajukan petisi kepada hakim untuk perlindungan serupa dalam sejumlah tuduhan korupsi lainnya, mencoba menutup jalan hukum bagi pemerintah untuk menangkapnya lagi.

Kepala pengacara Khan, Babar Awan, memuji putusan tersebut, dan mengatakan Khan sekarang adalah orang bebas.

Beberapa saat kemudian, pengadilan mengatakan Khan tidak dapat ditangkap untuk sementara waktu dalam kasus korupsi lain yang tertunda terhadapnya.

Mantan perdana menteri itu diperkirakan akan segera keluar dari pengadilan.

Pemerintah berpendapat bahwa pembebasan Khan memberi penghargaan dan mendorong kekerasan massa.

Setelah dia ditangkap Selasa (9/5/2023), para pendukungnya menyerang instalasi militer, membakar kendaraan, dan ambulans serta menjarah toko umum di berbagai bagian negara.

Baca juga: Mantan PM Imran Khan Ditangkap, Protes Pecah di Mana-mana di Pakistan

Pemerintah menanggapi dengan tindakan keras, menangkap hampir 3.000 orang.

Kekerasan itu menewaskan sedikitnya 10 pendukung Khan. Puluhan pengunjuk rasa dan lebih dari 200 petugas polisi terluka.

Penangkapan pada hari Selasa adalah langkah yang mengejutkan dan kontroversial.

Baca juga: Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap Militer

Agen dari Biro Akuntabilitas Nasional menyerbu ke Pengadilan Tinggi Islamabad di mana Khan menghadiri sesi dengan tuduhan lain - pengadilan yang sama di mana dia muncul pada hari Jumat dan menyeretnya pergi, memasukkannya ke dalam kendaraan lapis baja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com