Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel dan Palestina Berunding di Yordania, Bahas Politik dan Keamanan

Kompas.com - 26/02/2023, 22:04 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

AQABA, KOMPAS.com - Perwakilan Israel dan Palestina berunding di Yordania pada Minggu (26/2/2023) untuk membahas politik dan keamanan.

Stasiun tv Pemerintah Yordania Al-Mamlaka melaporkan, pertemuan ini bertujuan memulihkan ketenangan setelah terjadi insiden mematikan,

Pertemuan yang diadakan di Kota Aqaba ini adalah yang pertama dari jenisnya selama bertahun-tahun antara Palestina dan Israel dengan partisipasi regional dan internasional, juga akan membahas situasi di wilayah Palestina, lapor Al-Mamlaka dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Israel Akan Bangun 7.000 Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Sumber yang mengetahui pertemuan tersebut mengatakan, kepala intelijen Palestina Majed Faraj dan kepala badan keamanan domestik Israel Shin Bet Ronen Bar akan hadir.

Koordinator Dewan Keamanan Nasional AS untuk Timur Tengah dan Afrika Utara Brett McGurk, serta pejabat keamanan Yordania dan Mesir juga diperkirakan hadir, lanjut sumber itu yang berbicara dengan syarat anonim karena tidak berwenang berbicara kepada media.

Pertemuan ini terjadi di tengah kekhawatiran internasional atas meningkatnya bentrokan antara Israel dan Palestina.

Salah satu pejabat Yordania pada Sabtu (25/2/2023) mengatakan kepada AFP, pertemuan itu bertujuan untuk membangun kepercayaan antara Israel dan Palestina.

Baca juga:

"Pertemuan politik-keamanan ini bagian dari peningkatan upaya berkelanjutan oleh Yordania dalam koordinasi dengan Otoritas Palestina dan pihak lain untuk mengakhiri tindakan sepihak (oleh Israel) dan gangguan keamanan yang dapat memicu lebih banyak kekerasan," kata pejabat itu yang juga berbicara dengan syarat anonin.

Pembicaraan bertujuan menyepakati langkah-langkah keamanan dan ekonomi untuk meringankan kesulitan rakyat Palestina, tambah dia.

Sebanyak 11 warga Palestina tewas pada Rabu (22/2/2023) dalam baku tembak ketika pasukan Israel menyerbu Kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki.

Korban tewas dalam insiden itu adalah yang tertinggi sejak intifada kedua Palestina berakhir pada 2005, tahun ketika PBB mulai melacak korban.

Baca juga: Serangan Israel di Nablus Tepi Barat Tewaskan 11 Warga Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com