Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UII Hilang Kontak, KJRI Istanbul Bantu Penelusuran, KBRI Ankara Sebut Kecil Kemungkinan Terkait Gempa

Kompas.com - 18/02/2023, 16:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

TURKIYE, KOMPAS.com - KBRI Ankara dan KJRI Istanbul menerima sejumlah laporan mengenai kejadian hilang kontak seorang dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bernama Ahmad Munasir Rafie.

Dosen itu dilaporkan telah melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia, pada 4 Februari dalam rangka tugas kampus dan seharusnya kembali pada 12 Februari melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines.

“Terakhir berkontak pada Minggu, 12 Februari 2023 kemarin. Saat itu posisi beliau berada di Bandara Oslo,” ucap istri dari Ahmad Munasir Rafie dalam pesan Whatsapp yang diterima KBRI Ankara.

Baca juga: Jejak Terakhir Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Sebelum Menghilang Ada di Turkiye

Segera setelah menerima informasi tersebut, KJRI Istanbul melakukan komunikasi formal dan informal dengan sejumlah otoritas terkait di Istanbul guna mencari petunjuk kemungkinan keberadaan yang bersangkutan.

Konsul Jenderal RI Istanbul, Imam Asyari, memastikan bahwa KJRI sudah menghubungi imigrasi dan otoritas bandara untuk meminta sejumlah informasi yang bisa menjadi petunjuk kemungkinan keberadaan dosen UII Ahmad Munasir Rafie.

"Selain itu KJRI juga sudah menanyakan kepada simpul-simpul masyarakat Indonesia di Istanbul,” ujar Asyari dalam keterangan tertulis yang dibagikan oleh KBRI Ankara, Sabtu (18/2/2023).

Sejumlah pihak berspekulasi bahwa kehilangan dosen Teknik Informatika tersebut terkait dengan gempa.

Baca juga: Misi Kemanusiaan Indonesia di Turkiye Segera Tiba, KBRI Ankara Lakukan Persiapan Akhir

Menjawab spekulasi tersebut, Dubes RI untuk Turkiye, Lalu Muhamad Iqbal, mengatakan bahwa ada banyak kemungkinan terkait kehilangan tersebut.

Bahkan, kata dia, belum bisa dipastikan apakah yang bersangkutan masih berada di Oslo atau sudah di Istanbul.

Namun yang pasti, menurut Dubes Iqbal, kecil kemungkinan terkait dengan gempa karena yang bersangkutan diperkirakan menuju Turkiye tanggal 12 Februari, sementara gempa terjadi tanggal 6 Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com