Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Sebut Akan Pulihkan Akun Twitter Para Jurnalis yang Ditangguhkan

Kompas.com - 17/12/2022, 17:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Elon Musk mengatakan akan mengaktifkan kembali akun Twitter beberapa jurnalis yang ditangguhkan setelah dirinya menuduh mereka membahayakan keluarganya.

"Orang-orang telah berbicara. Akun yang melakukan doxx di lokasi saya akan dicabut penangguhannya sekarang," cuit pemilik Twitter itu pada Jumat (16/12/2022) malam waktu setempat.

Musk melakukan jajak pendapat Twitter menanyakan apakah dia harus memulihkan akun yang ditangguhkan sekarang atau dalam waktu seminggu.

Baca juga: Twitter Tangguhkan Akun Para Jurnalis yang Meliput Elon Musk

Hampir 59 persen dari 3,69 juta yang ikut serta mengatakan Musk harus memulihkan akun sekarang.

Musk telah menarik kemarahan dan peringatan dari UE dan PBB setelah menangguhkan akun setengah lusin jurnalis terkemuka dari New York Times, CNN, dan Washington Post.

Kontroversi terbaru dimulai ketika Musk pada Rabu (14/12/2022) menangguhkan @elonjet, akun yang melacak penerbangan jet pribadinya.

Musk mengatakan langkah itu diperlukan setelah sebuah mobil di Los Angeles yang membawa salah satu anaknya diikuti oleh "penguntit gila" dan tampaknya menyalahkan pelacakan jetnya atas insiden tersebut.

Beberapa jurnalis telah melaporkan ketidakadilan tersebut, termasuk tweet yang menautkan ke akun @elonjet yang ditangguhkan, yang menurut Musk merupakan "koordinat pembunuhan" terhadap dirinya dan keluarganya.

Baca juga: Akun Pemuda AS yang Lacak Pesawat Pribadi Elon Musk Ditangguhkan oleh Twitter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com