Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Joe Biden Menikah di Gedung Putih

Kompas.com - 20/11/2022, 14:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Cucu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Naomi Biden, menikah di Gedung Putih pada Sabtu (19/11/2022).

Dikutip dari Reuters, ini adalah kali ke-19 Gedung Putih menggelar resepsi pernikahan.

Naomi Biden (28) yang berprofesi sebagai pengacara menikah dengan pasangannya yaitu Peter Neal (25), lulusan sekolah hukum yang berasal dari Wyoming.

Baca juga: Biden Kaget Lihat Otot Kamerawan Rusia di KTT G20: Itu Seperti Bedil

Neal saat ini bekerja di Pusat Hukum Universitas Georgetown tentang Keamanan Nasional. Ia bertemu dengan Naomi pada 2018.

Resepsi pernikahan Naomi dan Neal digelar tanpa izin akses pers, berlangsung di South Law, Gedung Putih, dengan sekitar 250 tamu hadir.

“Sungguh menyenangkan melihat Naomi tumbuh, menemukan jati dirinya, dan mengukir kehidupan yang luar biasa untuk dirinya sendiri,” kata presiden dan ibu negara Jill Biden dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah acara tersebut.

“Sekarang, kami sangat bangga melihatnya memilih Peter sebagai suaminya dan kami merasa terhormat untuk menyambutnya di keluarga kami. Kami berharap hari-hari mereka penuh tawa dan cinta yang tumbuh lebih dalam setiap tahun," lanjut mereka, dikutip dari Reuters.

Makan siang untuk anggota keluarga dan pesta pernikahan digelar setelah upacara di Ruang Makan Negara Gedung Putih, kemudian resepsi malam menyajikan hidangan penutup dan tarian.

Baca juga: Biden Tak Ikut Gala Dinner KTT G20, Pejabat AS Ungkap Alasannya

Sejak mantan Presiden John Adams pindah ke Gedung Putih yang saat itu baru dibangun pada 1800, 18 pernikahan di sana biasanya menampilkan anggota keluarga presiden dan ibu negara.

Menurut Asosiasi Sejarah Gedung Putih, tradisi tersebut dimulai pada 1812 ketika Lucy Payne Washington, saudara perempuan ibu negara Dolley Madison, menikah dengan Wakil Hakim Agung Thomas Todd.

Sementara itu, Grover Cleveland adalah satu-satunya presiden yang menikah di Gedung Putih, yaitu dengan Frances Folsom pada 1886 di Ruang Biru.

Naomi Biden adalah putri dari putra presiden, Hunter Biden, dan istri pertamanya yakni Kathleen Buhle.

Direktur komunikasi Jill Biden, Elizabeth Alexander, mengatakan bahwa keluarga Biden membiayai pernikahan di Gedung Putih tersebut seperti tradisi-tradisi sebelumnya, tetapi yang berbeda kali ini adalah tanpa kehadiran media.

"Naomi dan Peter meminta agar pernikahan mereka tertutup untuk media, dan kami menghormati keinginan mereka. Ini diputuskan oleh pasangan itu," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan, Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Biden dan Xi Tak Sepaham soal Taiwan, tetapi Siap Atasi Perbedaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com