Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolam Maut Ditemukan di Dasar Laut Merah, Semua Makhluk yang Masuk ke Dalamnya Mati

Kompas.com - 28/08/2022, 09:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MIAMI, KOMPAS.com - Para peneliti di University of Miami menemukan Deadpool atau kolam maut di dasar Laut Merah. Hampir semua makhluk yang masuk ke dalamnya mati.

Kolam maut ini berukuran 107 kaki persegi (32,6 meter persegi), ditemukan dengan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh saat ekspedisi tahun 2020.

Terletak 1,7 kilometer di bawah permukaan laut, kolam ini tidak memiliki oksigen dan dipenuhi larutan garam dengan konsentrasi tinggi yang terbukti mematikan.

Baca juga: Setelah 18 Bulan, Penyebab Kecelakaan Maut BMW yang Hebohkan Singapura Akhirnya Terungkap

"Setiap hewan yang tersesat ke dalam air asin ini akan langsung pingsan atau mati," kata pemimpin peneliti Sam Purkis kepada Live Science, dikutip dari New York Post (22/7/2022).

Kolam maut yang super asin ini juga digambarkan sebagai salah satu lingkungan paling ekstrem di Bumi.

"Ikan, udang, dan belut tampaknya memanfaatkan air garam ini untuk berburu," lanjut Purkis, seraya menjelaskan bahwa "pemangsa" mengintai di dekat kolam maut untuk memakan makhluk apes yang secara tidak sengaja berenang ke dalamnya.

Ini bukan kolam air asin pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan. Para ahli kelautan sebelumnya menemukan beberapa puluh kolam maut di Laut Merah, Laut Mediterania, dan Teluk Meksiko selama 30 tahun terakhir.

Baca juga:

Namun, temuan ini mengejutkan para ilmuwan karena kolam tersebut terletak begitu dekat dengan daratan.

Sebelumnya, kolam air asin terdekat yang terletak di Laut Merah ditemukan setidaknya 25 kilometer dari lepas pantai. Kolam maut yang terbaru ditemukan tak sampai 2 km dari lepas pantai Mesir.

Menurut para peneliti, Laut Merah memiliki jumlah kolam air asin tertinggi yang diketahui. Kolam-kolam itu diperkirakan terbentuk dari kantong mineral terlarut yang tersimpan sejak 23 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Maut di Bandara Tenerife 1977, Tabrakan Pesawat Korbankan Ratusan Nyawa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com