Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan: Militer Beijing Sangat Provokatif!

Kompas.com - 05/08/2022, 15:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

TAIPE, KOMPAS.com - Militer Taiwan mengatakan jet tempur dan kapal perang militer China telah melintasi garis median yang membentang di Selat Taiwan pada Jumat (5/8/2022).

“Pada pukul 11.00 pagi, beberapa kelompok pesawat tempur dan kapal perang China melakukan latihan di sekitar Selat Taiwan dan melintasi garis median selat itu,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan.

Militer Taiwan menyebut latihan militer terbaru China sangat provokatif.

Baca juga: Taiwan Waspada, China Tembakkan Rudal dan Terbangkan Jet dalam Latihan

"Latihan militer China ini, apakah itu peluncuran rudal balistik atau penyeberangan yang disengaja dari garis median selat, adalah tindakan yang sangat provokatif," tambah Kementerian Pertahanan Taiwan, sebagaimana dilansir dari AFP.

Garis median adalah garis perbatasan tidak resmi, tetapi pernah dipatuhi yang membentang di tengah Selat Taiwan, yang memisahkan Taiwan dan Cina.

China telah mengadakan latihan besar-besaran di sekitar Taiwan sejak Kamis (4/8/2022) untuk memprotes kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu pada Selasa (2/8/2022).

Sebelumnya jarang jet dan kapal militer China melintasi garis median di selat Taiwan. Ini termasuk ketika serangan “Negeri Tirai Bambu” menjadi lebih umum ke pulau itu setelah mereka menyatakan pada 2020 bahwa perbatasan tidak resmi tidak ada lagi.

Dalam beberapa tahun terakhir China telah meningkatkan serangan terhadap Taiwan.

Sebagian besar adalah penerbangan pesawat militer ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Baca juga:

ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan, termasuk wilayah yang jauh lebih besar yang tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara China sendiri dan bahkan beberapa daratan.

Tapi, latihan militer China pekan ini telah melihat lonjakan serangan terhadap garis median.

Dari 49 serangan yang dilaporkan Taiwan pada Rabu dan Kamis, 44 melibatkan pesawat China yang melintasi garis median.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com