Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Nancy Pelosi ke Taiwan, Ketua DPR AS Itu Kunjungi DMZ di Perbatasan Korsel-Korut

Kompas.com - 04/08/2022, 13:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Agenda setelah Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan adalah mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara.

Salah satu pejabat Korsel mengatakan kepada kantor berita AFP, Pelosi tiba di Seoul pada Rabu (3/8/2022) malam waktu setempat.

Zona Demiliterisasi atau DMZ adalah lokasi pasukan Korut dan Korsel saling berhadapan. Wilayah itu dijaga ketat.

Baca juga: Rangkuman Kunjungan Pelosi ke Taiwan: China Memanas, Pelosi Kian Gencarkan Dukungan

Nancy Pelosi akan menjadi pejabat tertinggi AS yang mengunjungi Panmunjom, desa gencatan senjata antar-Korea, sejak mantan Presiden Amerika Donald Trump bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di sana pada 2019.

Saat Nancy Pelosi ke Taiwan. ia berulang kali mengabaikan peringatan China. Beijing menganggap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya, dan akan menganggap kunjungannya sebagai provokasi besar.

China--sekutu dan mitra dagang utama Korea Utara--kemudian mengumumkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan.

Korea Utara pada Rabu (3/8/2022) mengikuti China dengan mengkritik kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, dengan menggambarkannya sebagai "campur tangan yang kurang ajar" dalam urusan internal China, serta menyalahkan Washington karena meningkatkan ketegangan regional.

Adapun Korea Selatan adalah perhentian keempat dalam tur Asia Nancy Pelosi, setelah Singapura, Malaysia, dan Taiwan.

Baca juga:

Di ibu kota Seoul, Nancy Pelosi bertemu Ketua Majelis Nasional Kim Jin-pyo dan anggota parlemen senior lainnya untuk membahas sejumlah topik termasuk keamanan regional dan kerja sama ekonomi.

Ketua DPR AS itu juga dijadwalkan berbincang dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol--yang sedang berlibur minggu ini--melalui telepon, kata para pejabat.

Yoon Suk-yeol menjabat sebagai Presiden Korea Selatan sejak Mei 200. Ia berjanji meningkatkan hubungan dengan Amerika Serikat, termasuk meningkatkan latihan militer bersama yang selalu membuat marah Korea Utara.

Usai kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan dan Korsel, ia dijadwalkan terbang ke Jepang pada Kamis (4/8/2022) untuk putaran terakhir tur Asia-nya.

Baca juga: Pesan Terakhir Nancy Pelosi kepada Donald Trump yang Baginya Noda Negara

Berita video "China Umumkan Operasi Militer, Merespons Lawatan Nancy Pelosi ke Taiwan" dapat disimak di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com