Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal-kapal Perang AS Berlayar Dekat Taiwan Saat Kunjungan Ketua DPR

Kompas.com - 03/08/2022, 10:16 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com – Sejumlah kapal perang AS, termasuk kapal induk bertenaga nuklir, dilaporkan berlayar di perairan dekat Taiwan pada Selasa (2/8/2022).

Kapal-kapal tersebut berlayar di dekat Taiwan ketika Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi pulau tersebut yang membuat China murka.

China sebelumnya mengumukan akan mengadakan latihan militer di Selat Taiwan sebagai tanggapan atas kunjungan Pelosi, sebagaimana dilansir AFP.

Baca juga: Penjelasan Ketua DPR AS soal Maksud Kunjungannya ke Taiwan

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS kemudian mengatakan, kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan tengah beroperasi di Laut Filipina, di sebelah selatan Taiwan.

Pada Minggu (31/7/2022), Angkatan Laut AS merilis foto-foto USS Ronald Reagan yang biasanya berbasis di Jepang sedang melakukan manuver dengan kapal kargo USS Carl Brashear.

Seorang sumber dari Angkatan Laut AS mengatakan kepada AFP, pelayaran USS Ronald Reagan tersebut juga didampingi oleh kapal perusak USS Higgins, salah satu bagian dari gugus tempurnya.

Seorang pejabat AS yang enggan disebutkan namanya mengatakan, kapal induk USS Ronald Reagan tersebut sedang melakukan operasi rutin di Pasifik Barat.

Baca juga: 21 Jet Tempur China Terbang ke Zona Pertahanan Taiwan Saat Ketua DPR AS Berkunjung

Sementara itu, Institut Angkatan Laut Amerika Serikat (USNI), melaporkan bahwa kapal serbu AS USS Tripoli beroperasi di timur Taiwan.

Kabar kehadiran USS Tripoli di timur Taiwan tersebut dikonfirmasi oleh seorang perwira Angkatan Laut AS.

USS Ronald Reagan dan USS Tripoli membawa jet tempur siluman F-35, menurut USNI.

Baca juga: Korea Utara Ikut Komentari Kunjungan Ketua DPR AS di Taiwan

Para pejabat AS telah berusaha untuk meyakinkan Beijing bahwa posisi kapal-kapal tersebut di kawasan itu tidak terkait dengan kunjungan Pelosi.

Pelosi menjadi pejabat tertingi AS yang mengunjungi Taiwan sejak pendahulunya Newt Gingrich melakukan perjalanan ke sana pada 1997.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada CNN bahwa Washington akan memastikan kunjungan Pelosi aman dan terjamin.

Baca juga: China Siapkan Operasi Militer Respons Kedatangan Ketua DPR AS di Taiwan

Berita video "China Akan Luncurkan Operasi Militer akibat Kunjungan Pelosi" dapat disimak di bawah ini


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com