Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mendarat di Taiwan

Kompas.com - 02/08/2022, 22:19 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Ketua DPR AS Nancy Pelosi mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam, menentang peringatan-peringatan keras dari China yang telah membuat ketegangan antara dua negara adidaya dunia melonjak.

AFP melaporkan pada Selasa (2/8/2022) malam bahwa gambar televisi yang disiarkan secara langsung menunjukkan anggota parlemen berusia 82 tahun itu, yang terbang dengan pesawat militer AS ke Bandara Songshan Taipei, disambut pada saat kedatangan oleh Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu.

Baca juga: Taiwan Sudah Siapkan Tempat Perlindungan dari Kemungkinan Serangan Udara China

Sebelumnya, pesawat jet Angkatan Udara AS dilaporkan lepas landas dari Kuala Lumpur dan menjadi pesawat yang paling banyak dilacak di dunia saat ini, menurut Hindustan Times.

Pengguna internet berusaha melacak Ketua DPR AS Nancy Pelosi, yang sejak minggu lalu telah memicu perdebatan sengit soal rencana kunjungannya ke Taiwan.

Hampir 300.000 pengguna mengikuti setiap gerakan "SPAR19," Boeing C-40C yang dioperasikan Angkatan Udara AS, menurut FlightRadar24.

Surat kabar Liberty Times Taiwan sebelumnya melaporkan bahwa Pelosi diperkirakan akan tiba pada pukul 10:20 malam waktu setempat melalui pesawat pribadi di bandara Songshan di Taipei, yang juga menjadi tempat pangkalan militer.

Baca juga: Rusia: AS Picu Ketidakstabilan Dunia dengan Rencana Kunjungan Ketua DPR ke Taiwan

Rencana perjalanan ke Taiwan telah membuat marah Beijing, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya dan telah memperingatkan konsekuensi jika perjalanan itu dilanjutkan.

Penerbangan SPAR19 lepas landas dari Bandara Subang Kuala Lumpur sekitar pukul 15.40 waktu setempat.

Tetapi Hindustan Times melaporkan bahwa pesawat itu menuju ke timur menuju pulau Kalimantan alih-alih timur laut ke Taiwan.

Setidaknya ada 10 penerbangan paling banyak dilacak di dunia menuju Taiwan, menurut data FlightRadar24.

Pesawat kedua yang paling banyak dilacak pada Selasa (2/8/2022) setelah SPAR19 adalah penerbangan China Airlines dari Jakarta ke Taipei, dengan hampir 20.000 pengikut.

Baca juga: AS Kerahkan 4 Kapal Perang di Timur Taiwan Saat Pelosi Menuju Taipei

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com