Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR AS Mulai Safari Asia, Kunjungan ke Taiwan Masih Menggantung

Kompas.com - 30/07/2022, 11:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Ketua DPR AS Nancy Pelosi berencana berangkat pada Jumat (29/7/2022) untuk memulai safari ke Asia, namun belum jelas apakah dia akan mengunjungi Taiwan.

Dilansir CNN, safari Pelosi ke Asia tersebut sejauh ini meliputi Jepang, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura.

Sebelumnya, santer dikabarkan bahwa Pelosi berencana mengunjungi Taiwan. Kabar tersebut membuat China marah dan mengancam AS dengan keras.

Baca juga: TKI di Taiwan Dapat Hadiah Undian Hampir Rp1 Miliar, Ingin Beli Tanah di Kampung

Pelosi membawa delegasi sesama anggota parlemen dalam kunjungan tersebut.

Pada Rabu (27/7/2022), Pelosi menanggapi kabar rencana kunjungannya ke Taiwan. “Saya tidak pernah berbicara tentang perjalanan saya. Ini berbahaya bagi saya,” ucap Pelosi.

Di sisi lain, sejumlah pejabat keamanan nasional diam-diam meyakinkan Pelosi tentang risiko perjalanan potensialnya ke Taiwan pada saat yang sangat sensitif.

Dalam panggilan telepon yang panjang pada Kamis (28/7/2022), Presiden China Xi Jinping mengeluarkan peringatan keras kepada Presiden AS Joe Biden mengenai setiap rencana kunjungan ke Taiwan.

Baca juga: Profil Negara Taiwan: Sejarah dan Perkembangan

“Opini publik tidak boleh dilanggar, dan jika Anda bermain api, Anda akan terbakar. Saya harap pihak AS dapat melihat ini dengan jelas,” kata Xi kepada Biden, menurut kantor berita negara China.

Kedutaan Besar China untuk AS mendesak anggota Kongres AS untuk memberi tahu Pelosi agar tidak melakukan kunjungan ke Taiwan.

Juru Bicara Kedutaan Besar China di AS Liu Pengyu menjawab bahwa kantornya melakukan kontak rutin dengan anggota Kongres AS.

“Mengenai pertanyaan Taiwan, kami telah membuat sikap kami tegas dan jelas,” kata Liu.

Baca juga: Biden dan Xi Jinping Saling Lempar Peringatan soal Taiwan

“Kedutaan melakukan segala upaya kami untuk mencegah perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan stabilitas hubungan China-AS dirusak oleh potensi kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan,” sambung Liu.

Sementara itu, sejumlah politikus Demokrat dan Republik di Kongres AS mengatakan bahwa Pelosi berhak melakukan perjalanan ke Taiwan.

“Ini adalah keputusan Pelosi sendiri apakah akan melakukan perjalanan ke Taiwan atau tidak, bukan negara lain,” kata anggota Kongres AS dari Partai Republik Darin LaHood.

Baca juga: Xi Jinping pada AS: Jangan Bermain Api, Taiwan Tak Akan Merdeka

Berita video "China Marah Ketua DPR AS Berencana Kunjungi Taiwan" dapat disimak di bawah ini


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com