Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Ngamuk, Ketua DPR AS yang Kunjungi Taiwan Tak Ambil Pusing

Kompas.com - 04/08/2022, 08:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

TAIPEI, KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi meninggalkan Taiwan pada Rabu (3/8/2022) setelah menggembar-gemborkan dukungan atas demokrasi dan menjanjikan solidaritas Amerika.

Pelosi menyebut bahwa kemarahan China tidak dapat menghentikan para pemimpin dunia melakukan perjalanan ke pulau berpemerintahan sendiri yang masih diklaim Beijing itu.

Dilansir Reuters, China menunjukkan kemarahannya atas kunjungan AS ke pulau itu setelah 25 tahun.

Baca juga: Rangkuman Kunjungan Pelosi ke Taiwan: China Memanas, Pelosi Kian Gencarkan Dukungan

China menambah aktivitas militer di perairan sekitarnya, memanggil duta besar AS di Beijing dan menghentikan beberapa impor pertanian dari Taiwan.

Beberapa latihan militer yang direncanakan China akan berlangsung di wilayah laut dan udara 12 mil laut Taiwan, menurut kementerian pertahanan Taiwan.

Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Seorang pejabat senior pertahanan bahkan menyebut hal ini "sama dengan blokade laut dan udara Taiwan".

Taiwan mengerahkan jet pada Rabu untuk memperingatkan 27 pesawat China di zona pertahanan udaranya, kata kementerian pertahanan pulau itu.

Baca juga: Saat Opini Publik Taiwan Terbelah karena Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi…

22 di antaranya melintasi garis tengah yang memisahkan pulau itu dari China.

Pelosi tiba dengan delegasi kongres pada kunjungannya yang tidak diumumkan, tetapi diawasi dengan ketat pada Selasa (2/8/2022) malam.

Dia menentang peringatan berulang-ulang China, dalam perjalanan yang katanya menunjukkan komitmen AS yang teguh terhadap demokrasi Taiwan.

"Delegasi kami datang ke Taiwan untuk memperjelas bahwa kami tidak akan meninggalkan Taiwan," kata Pelosi kepada Presiden Taiwan Tsai Ing Wen.

Baca juga: Ketua DPR AS Nancy Pelosi Mendarat di Taiwan

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, solidaritas Amerika dengan Taiwan sangat penting, dan itulah pesan yang kami bawa ke sini hari ini," kata Pelosi selama kunjungannya selama kurang lebih 19 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com