Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa M 6,4 Guncang Perbatasan Meksiko-Guatemala

Kompas.com - 13/05/2024, 14:15 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ABC News

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Gempa kuat mengguncang perbatasan Meksiko dan Guatemala pada Minggu (12/5/2024) pagi. Untuk besaran magnitudonya ialah 6,4.

Dikutip dari ABC News, gempa terjadi sebelum pukul 06.00 pagi di dekat kota Suchiate di perbatasan Meksiko, tempat sebuah sungai dengan nama yang sama membelah kedua negara.

Pusat gempa berada di lepas pantai Pasifik, 16 kilometer barat daya Brisas Barra de Suchiate, tempat sungai bermuara ke laut.

Baca juga: Apartemen di Rusia Runtuh Kena Rudal Ukraina, 15 Tewas

Menurut Survei Geologi AS, gempa tersebut berkekuatan awal magnitudo 6,4 dan kedalaman 75 kilometer.

Di Meksiko, belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi, namun wilayah perbatasan yang lebih bergunung-gunung dan terpencil rentan terhadap tanah longsor.

Di seberang perbatasan, badan pencegahan bencana nasional Guatemala membagikan foto tanah longsor kecil di jalan raya di wilayah Quetzaltenango.

Ada pula retakan besar di dinding sebuah rumah sakit di San Marcos di akun media sosialnya, namun tidak ada laporan korban jiwa.

Sedang di Tapachula, dekat perbatasan, brigade pertahanan sipil bergerak melintasi kota untuk mencari tanda-tanda kerusakan.

Didier Solares, seorang pejabat di badan Pertahanan Sipil Suchiate, mengatakan sejauh ini mereka belum menemukan kerusakan.

Baca juga: Gempa Kuat Kembali Guncang Taiwan

"Untungnya, semuanya baik-baik saja. Kami berbicara ke perusahaan, ke pedesaan lewat radio dan tidak ada apa-apa, tidak ada kerusakan," ujarnya.

Namun, gempa dini hari masih membuat warga ketakutan.

Di kota kolonial San Cristobal yang bergunung-gunung dan indah, guncangannya sangat kuat.

"Di sini kami bangun karena kami memiliki layanan peringatan seismik. Peringatan itu membangunkan saya karena terjadi 30 detik sebelum gempa," kata warga Joaquin Morales.

Di Tuxtla Chico, sebuah kota dekat Tapachula, María Guzmán, seorang guru berkata: “Mengerikan, rasanya kuat. Benar-benar ketakutan”.

Minggu malam, terjadi setidaknya puluhan gempa kecil di negara bagian Baja California, Meksiko utara, dekat perbatasan AS.

Sementara untuk gempa terbesar berkekuatan M 4,6 dan sebagian besar berkekuatan antara 2,5 dan magnitudo 3,7.

Baca juga: Helikopter Selamatkan Wisatawan yang Terdampar akibat Gempa Taiwan

Tidak ada kerusakan langsung yang dilaporkan di wilayah berpenduduk jarang, sekitar 50 kilometer selatan dari wilayah yang relatif tidak berpenghuni di selatan El Centro, Kalifornia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com