Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batu Besar Longsor dan Hantam Mobil Saat Gempa Taiwan

Kompas.com - 06/04/2024, 15:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Mothership

TAIPEI, KOMPAS.com - Sebuah mobil yang melintasi jalan raya antara Su'ao dan Hualien di Taiwan tertimpa batu besar akibat gempa berkekuatan M 7,4 pada Rabu (3/4/2024).

Seperti dalam rekaman dasbor sebuah mobil yang dibagikan oleh sesama pengemudi di jalan menunjukkan beberapa batu berjatuhan dan menghantam mobil.

Sementara puing-puing lainnya terlempar ke jalan karena tanah longsor, menurut media Taiwan News pada 4 April 2024.

Baca juga: Helikopter Selamatkan Wisatawan yang Terdampar akibat Gempa Taiwan

Pengemudi mobil yang terkena dampak tidak mengalami luka apa pun meski kendaraannya rusak parah pada bagian belakang dan ditinggalkan di jalan raya.

Dalam rekaman video, kendaraan yang merekam, serta mobil lain yang melaju di depannya, melambat dan mundur saat gempa terjadi dan bongkahan batu berjatuhan ke jalan.

Mobil di depan tetap diam setelah mundur dan berhenti. Kemudian bagian belakangnya dihantam oleh batu besar.

Menurut Taiwan News, pengemudi mobil yang hancur diantar kembali ke Kabupaten Yilan oleh seseorang yang melewati lokasi kejadian.

Sementara orang-orang di 32 kendaraan lain yang terjebak di sepanjang ruas jalan runtuhan batu berhasil diselamatkan oleh polisi, tetapi satu orang dilaporkan tewas.

Dikutip dari Mothership pada Sabtu (6/4/2024), pekerjaan perbaikan sedang berlangsung dan jalur sementara dibuka pada 6 April untuk memungkinkan lalu lintas lewat, demikian dilaporkan.

Pemerintah Taiwan meningkatkan perbaikan dan membantu jalur alternatif, seperti layanan bus antar-jemput ke daerah yang terkena dampak.

Taiwan Railway Corp mengatakan akan menambah 10 kereta komuter antara Yilan dan Hualien untuk melayani mereka yang pulang kampung untuk liburan Festival Qingming selama akhir pekan.

Langkah ini dilakukan setelah Jalan Raya Suhua tidak bisa diakses akibat rusaknya Jembatan Dacingshuei.

Baca juga: Korban Tewas Gempa Taiwan 12 Orang, Tim Evakuasi Hadapi Ancaman Tanah Longsor

Sementara Kementerian Transportasi dan Komunikasi Taiwan telah memulai layanan antar-jemput transportasi laut pada 4 April antara pelabuhan di Yilan dan Hualien.

Sedangkan beberapa maskapai penerbangan telah menambahkan lebih banyak penerbangan ke wilayah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com