Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat AS Dukung Finlandia dan Swedia Gabung NATO

Kompas.com - 04/08/2022, 07:14 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Senat AS pada Rabu (3/8/2022) menyetujui aksesi Finlandia dan Swedia ke NATO.

Ini jadi perluasan paling signifikan dari aliansi 30 anggota itu sejak 1990-an yang terjadi setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dilansir Reuters, senat memberikan suara 95 banding 1 untuk mendukung ratifikasi dokumen aksesi kedua negara.

Baca juga: Putin Teken Doktrin Maritim Rusia Terbaru, Tetapkan AS-NATO sebagai Ancaman Besar

Hal ini dengan mudah melampaui mayoritas dua pertiga dari 67 suara yang diperlukan untuk mendukung ratifikasi dokumen aksesi kedua negara.

Swedia dan Finlandia mengajukan keanggotaan NATO sebagai tanggapan atas invasi Ukraina oleh Rusia, yang telah berulang kali memperingatkan keduanya agar tidak bergabung dengan aliansi tersebut.

30 sekutu NATO menandatangani protokol aksesi untuk mereka bulan lalu, yang memungkinkan mereka untuk bergabung dengan aliansi bersenjata nuklir yang dipimpin AS begitu anggotanya meratifikasi keputusan tersebut.

Pada saat itu, Helsinki dan Stockholm dapat berpartisipasi dalam pertemuan NATO dan memiliki akses yang lebih besar ke intelijen.

Baca juga: Doktrin Terbaru AL Rusia Sebut AS dan NATO Ancaman Terbesar Moskwa

Meski begitu, kedua negara tidak dilindungi Pasal Lima, klausul pertahanan NATO yang menyatakan bahwa serangan terhadap satu sekutu adalah serangan terhadap semua.

Aksesi tersebut harus diratifikasi oleh parlemen dari 30 anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara sebelum Finlandia dan Swedia dapat dilindungi oleh klausul pertahanan.

Pengesahan bisa memakan waktu hingga satu tahun, meskipun telah disetujui oleh beberapa negara, termasuk Kanada, Jerman dan Italia.

Baca juga: Bahas Swedia dan Finlandia Gabung NATO, Turkiye Akan Lakukan Penilaian

Senator dari kedua partai sangat mendukung keanggotaan kedua negara, menggambarkan mereka sebagai sekutu penting yang militer modernnya telah bekerja sama dengan NATO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com