Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS Penderita Cacar Monyet Kabur dari RS Meksiko

Kompas.com - 09/06/2022, 20:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Al Arabiya

PUERTO VALLARTA, KOMPAS.com – Seorang warga negara AS yang terjangkit cacar monyet (monkeypox) kabur dari sebuah rumah sakit (RS) di Meksiko lalu melarikan diri dari negara itu.

Dilansir Al Arabiya, Kamis (9/6/2022), pria tersebut berusia 48 tahun dan berasal dari Texas, AS.

Dia kabur dari RS di Puerto Vallarta, Jalisco, akhir pekan lalu meski telah diberitahu oleh staf medis bahwa ia harus menjalani tes cacar monyet dan diisolasi.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet di Luar Afrika Melonjak Tiga Kali Lipat dalam Seminggu

Departemen Kesehatan Negara Bagian Jalisco mengatakan, pria tersebut tiba di RS dengan gejala batuk, menggigil, nyeri otot, serta lesi di wajah, leher, dan badannya.

Setelah kabur dari RS, pria itu pergi ke hotel tempat dia menginap bersama rekannya dan mengejar penerbangan dari Puerto Vallarta pada 4 Juni.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengonfirmasi kepada pihak berwenang Meksiko bahwa pria tersebut telah kembali ke AS.

Hasil tes menunjukkan bahwa pria itu menderita cacar monyet.

Baca juga: Cacar Monyet Masuk Singapura, Muncul 1 Kasus di Bandara Changi

Sebelum tiba di Puerto Vallarta pada 27 Mei, pria tersebut berada di Berlin, Jerman, antara 12 hingga 16 Mei, kemudian di Dallas, Texas.

Selama tinggal di Meksiko, dia menghadiri pesta di Mantamar Beach Club, sebuah kota resor di Jalisco.

Pejabat kesehatan setempat mendesak siapa pun yang menghadiri klub antara 27 Mei dan 4 Juni untuk memantau kesehatan mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada Rabu (8/6/2022) bahwa telah ditemukan lebih dari 1.000 kasus cacar monyet di negara-negara di mana penyakit ini tidak endemik.

Baca juga: Perancis Umumkan 51 Kasus Cacar Monyet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com