Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penarikan Telur Cokelat Kinder Diperpanjang di Inggris dan Irlandia

Kompas.com - 07/04/2022, 11:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan jajanan manis asal Italia, Ferrero, pada Rabu (6/4/2022) memperpanjang penarikan telur cokelat Kinder di Inggris dan Irlandia.

Penarikan pada 10 hari jelang Paskah ini dilakukan atas kemungkinan kaitan dengan kasus salmonella.

Sejauh ini tidak ada telur cokelat Kinder Surprise berisi mainan atau produk lainnya yang terbukti mengandung salmonella, tetapi Ferrero mengatakan, telah memperpanjang penarikan di Inggris dan Irlandia sebagai tindakan pencegahan.

Baca juga: Jajan Telur Cokelat Kinder Ditarik dari Pasaran di Inggris karena Kekhawatiran akan Salmonella

Langkah tersebut, yang mengikuti penarikan pada Selasa (5/4/2022) di beberapa negara Eropa lainnya, menyusul kekhawatiran atas produk-produk dari pabrik Ferrero di kota Arlon, Belgia, yang dijual di Belgia, Inggris, Perancis, Jerman, dan Swedia.

Salmonella adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan gejala-gejala termasuk diare, demam, dan kram perut pada manusia, serta merupakan salah satu infeksi bawaan makanan yang paling umum.

"Meskipun situasinya tetap sama, kami sepenuhnya menyadari bahwa Paskah semakin dekat, di mana kami melihat peningkatan penjualan produk-produk ini," kata Ferrero dikutip dari AFP.

"Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan tambahan, hari ini kami memutuskan untuk secara sukarela menarik kembali produk-produk... karena produk tambahan ini diproduksi di fasilitas yang sama di Belgia, dalam jangka waktu yang sama."

Penarikan tersebut sekarang akan mencakup jajanan Kinder Surprise 20 gram yang dijual secara terpisah, dan dalam kemasan isi tiga dengan tanggal "Baik Sebelum" 7 Oktober 2022 termasuk tanggal itu.

Adapun penarikan pada Selasa hanya mencakup produk-produk dengan tanggal penggunaan yang direkomendasikan dari 11 Juli hingga 7 Oktober.

Baca juga: Telur Cokelat Kinder Sudah Ditarik dari Peredaran di 7 Negara karena Salmonella

Sementara itu, Ferrero mengatakan telah memutuskan secara sukarela menarik beberapa produk Kinder lainnya yaitu telur mini 75 gram, Egg Hunt Kit 150 gram, Kinder Surprise 100 gram, dan Kinder Schokobons 200 gram di Inggris dan Irlandia dengan tanggal konsumsi 20 April hingga 21 Agustus.

Ferrero terus bekerja sama dengan berbagai badan pengatur di kedua negara dalam kaitannya dengan sejumlah kasus salmonella yang dilaporkan, kata perusahaan itu.

"Meskipun tidak ada produk Kinder di pasar yang terbukti positif salmonella, kami menanggapinya dengan sangat serius," tambahnya.

Badan Standar Makanan Inggris (FSA) mengatakan, 63 kasus salmonella diidentifikasi di seluruh Inggris.

Di Perancis ada laporan 21 kasus salmonella dan 15 kasus memakan produk Kinder yang kini telah ditarik, menurut layanan kesehatan masyarakat negara tersebut.

Baca juga: Telur Cokelat Kinder Diduga Sebabkan Wabah Salmonella di 9 Negara, Uni Eropa Buka Penyelidikan

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com