Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bushido: Kode Etik Samurai Jepang

Kompas.com - 15/11/2021, 08:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Thought Co

KOMPAS.com - Bushido adalah kode etik samurai Jepang yang mulai berkembang sekitar awal abad kedelapan hingga zaman modern, namun semangatnya terus menurun ke lapisan prajurit Jepang selanjutnya.

Kata "Bushido" berasal dari bahasa Jepang "Bushi" yang berarti "prajurit," dan "do" yang berarti "jalur" atau "jalan." Itu diterjemahkan secara harfiah sebagai "cara prajurit."

Baca juga: Sejarah Samurai : Awal Pembentukan hingga Akhir Kejayaannya di Jepang

Bushido diikuti oleh prajurit Samurai Jepang dan pendahulu mereka di Feodal Jepang, serta banyak prajurit di Asia Tengah dan Timur.

Prinsip-prinsip Bushido menekankan kehormatan, keberanian, keterampilan seni bela diri, dan kesetiaan kepada tuan prajurit (daimyo) di atas segalanya.

Ini agak mirip dengan ide-ide ksatria yang diikuti ksatria di Eropa Feodal. Hanya ada banyak cerita rakyat yang mencontohkan Bushido, seperti 47 Ronin dari legenda Jepang, seperti cerita rakyat Eropa tentang ksatria.

Baca juga: Sejarah Jepang (I): Periode Jomon hingga Lahirnya Shogun

Apa itu Bushido?

Norma lainnya yang dituntut dalam Bushido termasuk hemat, kebenaran, keberanian, kebajikan, rasa hormat, ketulusan, kehormatan, kesetiaan, dan pengendalian diri.

Banyak samurai percaya tak memiliki kemujuran di akhirat atau dalam kehidupan mereka berikutnya, menurut ajaran Buddhisme. Pasalnya, mereka dilatih untuk bertarung dan membunuh dalam kehidupan ini.

Namun demikian, kehormatan dan kesetiaan masih mereka pertahankan. Bushido pun lebih dilihat sebagai sistem etis, daripada sistem kepercayaan agama.

Idealnya, prajurit samurai harus kebal dari rasa takut akan kematian. Hanya rasa takut akan aib dan kesetiaan kepada daimyo-nya yang memotivasi samurai sejati.

Jika seorang samurai merasa bahwa dia kehilangan kehormatannya (atau akan kehilangannya) menurut aturan bushido, dia bisa mendapatkan kembali posisinya kembali dengan melakukan ritual bunuh diri yang agak menyakitkan, yang disebut "seppuku."

Baca juga: Sejarah Jepang (II): Nobunaga, Zaman Edo, hingga Zaman Modern

Jika ajaran agama perilaku feodal Eropa melarang bunuh diri, di Jepang feodal tindakan itu adalah keberanian yang luar biasa.

Seorang samurai yang melakukan seppuku tidak hanya akan mendapatkan kembali kehormatannya, dia benar-benar akan mendapatkan penghargaan atas keberaniannya dalam menghadapi kematian dengan tenang.

Prinsip itu diajarkan secara turun temurun hingga anak-anak dari kelas Samurai juga meyakini akan menghadapi kematian dengan tenang, jika terjebak dalam pertempuran atau pengepungan.

Sejarah Bushido

Ajaran tentang penggunaan dan kesempurnaan pedang sudah ditulis oleh militer Jepang pada awal abad kedelapan. Ini membentuk dogma tentang prajurit yang ideal, sebagai orang yang berani, berpendidikan tinggi, dan setia.

Antara abad ke-13 hingga 16, literatur Jepang menjunjung keberanian dan pengabdian ekstrim kepada satu keluarga dan pemimpin, dan pengembangan kecerdasan untuk prajurit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com