Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Larang Warganya Pergi ke Indonesia, Khawatirkan Situasi Covid-19

Kompas.com - 22/07/2021, 08:51 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com – Arab Saudi melarang warganya pergi ke Indonesia karena kekhawatiran akan situasi pandemi Covid-19 di sana.

Larangan tersebut disampaikan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pada Rabu (20/7/2021) sebagaimana dilansir Arab News.

Seorang sumber resmi di kementerian tersebut mengatakan, keputusan itu diambil demi memastikan keselamatan warga Arab Saudi karena lonjakan kasus Covid-19 yang diperparah oleh varian Delta di Indonesia.

Baca juga: Asia Tenggara Alami Wabah Terburuk sejak Pandemi Dimulai, Indonesia Terparah

Sumber tersebut menambahkan, larangan tersebut akan terus dilanjutkan sampai situasi stabil.

Sementara itu, bagi warga Arab Saudi yang masih berada di Indonesia, diminta unutk berhati-hati dan diminta menjauh dari daerah dengan tingkat penularan tinggi.

Arab Saudi juga meminta warganya yang terjebak di Indonesia untuk memastikan semua tindakan pencegahan dan meminta pulang ke Arab Saudi secepat mungkin.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi terus memberikan vaksin Covid-19 selama liburan Idul Adha di pusat-pusat vaksinasi.

Baca juga: Seorang Pria yang PP Indonesia-Australia Tularkan Varian Delta di Brisbane

Lebih dari 23,3 juta dosis telah didistribusian di seluruh penjuru Kerajaan Arab Saudi. Selain itu, lebih dari 1,4 juta warga sudah divaksinasi.

Pada Rabu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan 1.142 kasus baru yang dikonfirmasi. Kementerian tersebut juga melaporkan 12 kematian terkait Covid-19 pada Rabu.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga meminta warga dan ekspatriat di wilayah kerajaan untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19 yang tersedia di pusat vaksinasi di seluruh negeri.

Baca juga: Indra Rudiansyah, Pemuda Indonesia di Balik Terciptanya Vaksin AstraZeneca

Mulai 1 Agustus, hanya orang yang divaksinasi lengkap yang diizinkan memasuki ruang publik di Arab Saudi, termasuk mal, restoran, toko, dan pasar.

Para pengunjung yang mendatangi tempat-tempat umum tersebut harus menunjukkan bukti vaksinasi saat masuk.

Kementerian Kesehatan terus mengimbau semua orang untuk mematuhi protokol kesehatan untuk membatasi penyebaran tingginya laju penularan global saat ini akibat varian Delta.

Baca juga: Indonesia Jadi Episentrum Covid-19 Dunia, Hoaks dan Misinformasi Perparah Penanganan Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com