Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transisi New Normal, Singapura Izinkan Bersantap Bersama Maksimal 5 Orang

Kompas.com - 08/07/2021, 06:00 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com – Pemerintah Singapura mengumumkan kebijakan terbaru melonggarkan sejumlah aktivitas sosial menjelang memasuki new normal hidup bersama Covid-19.

Gugus Tugas Covid-19 Singapura menyampaikan Rabu sore (6/7/2021), mulai 12 Juli mendatang, warga "Negeri Singa” dapat bersantap bersama maksimal 5 orang. Peraturan saat ini hanya mengizinkan maksimal 2 orang.

Tentu saja ini adalah kabar gembira bagi pengusaha restoran, kedai kopi, food court, hawker, kafe, dan bar yang mengalami penurunan pendapatan sejak pengetatan diberlakukan pada 16 Mei lalu.

Baca juga: Singapura Tak Akui Sinovac dalam Program Vaksinasi Nasional

Satu hal yang masih dilarang adalah pusat makanan dilarang memutar musik, menayangkan video, atau menggelar live untuk mencegah warga mengeraskan suaranya ketika berbicara sehingga memicu droplet beterbangan.

Kabar baik juga bagi calon pengantin baru. Resepsi pernikahan kembali diizinkan maksimum 250 orang dengan syarat seluruh hadirin harus menjalani tes Covid-19 terlebih dahulu sebelum memasuki lokasi pesta pernikahan.

Untuk resepsi pernikahan yang mengundang 50 orang, hanya calon pengantin dan pendampingnya yang cukup melakukan tes virus corona.

Penggemar gym dan studio fitness juga mendapatkan kelonggaran untuk beraktivitas olahraga bersama maksimal 5 orang, naik dari maksimal 2 orang yang saat ini diizinkan.

Tidak ada perubahan kebijakan untuk aktivitas perkantoran di mana karyawan tetap akan bekerja dari rumah atau work from home (wfh).

Pengecualian akan diberikan jika karyawan ingin berkumpul di kantor untuk acara sosial dan rekreasi kantor dengan kapasitas maksimal 5 orang.

Baca juga: 7 Alasan Singapura Berani Hidup Bersama Covid-19, Tidak Semua Negara Bisa Tiru

Pengunjung Tiong Bahru Bakery terlihat bersantap menikmati roti dan kopi mereka pada Minggu pagi (27/6/2021). Singapura saat ini sedang dalam transisi menuju new normal di mana maksimum 2 warga diizinkan makan bersama satu meja di restoran, hawker, kedai kopi, dan kafeKOMPAS.com/ERICSSEN Pengunjung Tiong Bahru Bakery terlihat bersantap menikmati roti dan kopi mereka pada Minggu pagi (27/6/2021). Singapura saat ini sedang dalam transisi menuju new normal di mana maksimum 2 warga diizinkan makan bersama satu meja di restoran, hawker, kedai kopi, dan kafe

Perlakuan khusus kepada penerima vaksin Pfizer dan Moderna

Di kesempatan yang sama, gugus tugas juga mengutarakan rencana kelonggaran lebih luas pada akhir Juli mendatang.

Warga yang sudah menerima vaksin Pfizer dan Moderna akan mendapatkan sejumlah keistimewaan. Mereka diizinkan beraktivitas bersama maksimal 8 orang.

Jumlah hadirin untuk acara massal seperti resepsi pernikahan, konser musik, pertunjukan film di bioskop, pertunjukan olahraga, kongregasi agama akan dinaikan menjadi 500 orang.

Sepanjang sudah menerima dua dosis vaksin Pfizer dan Moderna, warga dapat menghadiri acara tanpa harus menjalani tes Covid-19.

Diharapkan karyawan juga mulai dapat bertahap kembali bekerja di kantor.

Baca juga: Singapura Bedakan Perlakuan untuk Penerima Vaksin Sinovac, Pfizer, dan Moderna

Namun, penerima vaksin Sinovac yang tidak masuk program vaksinasi nasional Singapura dan warga yang masih menolak divaksin tidak akan diizinkan menikmati kelonggaran lebih luas tersebut.

Halaman:
Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com