Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Retno: Inggris Dukung ASEAN Dorong Resolusi Krisis di Myanmar

Kompas.com - 10/04/2021, 14:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, Inggris akan mendukung negara-negara Asia Tenggara dalam upaya menyelesaikan krisis di Myanmar.

Pernyataan ini disampaikan Menlu Retno setelah berbincang dengan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, dalam kunjungannya ke Indonesia.

Indonesia adalah salah satu dari beberapa negara yang mendesak pembicaraan tingkat tinggi antara para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) tentang Myanmar.

Baca juga: Inggris Beri Perlindungan Duta Besar Myanmar yang Diusir Junta Militer

Hampir 600 warga Myanmar tewas akibat kekerasan terhadap para demonstran yang menentang kudeta pada 1 Februari yang lalu.

"Kami membahas... bagaimana komunitas internasional, termasuk Inggris dapat mendukung upaya ASEAN untuk membantu Myanmar dalam menyelesaikan situasi ini," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers.

Sementara dalam pidatonya, Menlu Inggris, Dominic Raab menegaskan kembali komitmen Inggris untuk menegakkan hukum maritim internasional, menyuarakan lagi pernyataan dari Amerika Serikat, Australia, dan Uni Eropa.

Mereka prihatin dengan aktivitas militer China di Laut China Selatan, yang merupakan jalur vital bagi perdagangan global.

Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, Brunei, dan China masing-masing memiliki klaim di jalur perairan strategis itu.

Baca juga: Diusir dari Kedutaan, Dubes Myanmar untuk Inggris Tidur di Mobil

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com