Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Perancis: Dunia Butuh Vaksin China dan Rusia agar Menang Lawan Covid-19

Kompas.com - 19/02/2021, 06:19 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Editor

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Minggu (14/2/2021) mengatakan bahwa vaksin buatan China dan Rusia dibutuhkan dunia untuk memenangi "perang" melawan Covid-19.

"Kita harus bekerja sama dengan China dan Rusia sehingga vaksin yang dikembangkan oleh para ilmuwan mereka terintegrasi dalam upaya multilateral yang luar biasa ini, segera setelah mereka memulai sertifikasi yang diperlukan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan media mingguan Perancis, Le Journal du Dimanche.

Baca juga: Pemerintah Perancis Dituding Islamofobia karena Berniat Selidiki Kasus Ini

"Kita kini terlibat dalam perang melawan varian (virus corona), yang benar-benar harus berpacu dengan waktu," ujar sang presiden, menyerukan upaya global yang "cepat, efektif, dan terpadu" dalam memerangi pandemi.

Dikutip Xinhua, Presiden Perancis itu juga menyerukan upaya internasional untuk memastikan akses yang adil terhadap vaksin Covid-19, khususnya di Afrika.

Baca juga: Presiden Perancis Sebut Vaksin AstraZeneca Tampaknya Tidak Efektif untuk Lansia 65 Tahun ke Atas

"Negara-negara Afrika berhak menegur kita soal akses mereka terhadap vaksin," katanya, seraya mengungkapkan bahwa tanpa upaya lebih lanjut untuk mencapai tujuan itu, "kita tidak hanya akan menghadapi risiko kesehatan, tetapi juga etika."

Sebelumnya pada bulan ini, Macron menyatakan keterbukaan negaranya untuk menerima vaksin apa pun yang disetujui oleh Badan Obat-Obatan Eropa (European Medicines Agency), yang sejauh ini baru memberikan izin untuk vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna, dan AstraZeneca.

Minimnya vaksin yang disetujui di Eropa telah menuai kritik publik dan memicu tuntutan untuk mencari solusi alternatif. 

Baca juga: Gara-gara Covid-19, Jumlah Kunjungan Museum Louvre Perancis Anjlok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com