Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Hari Berjuang dengan Ventilator, 'Pasien Ajaib' Ini Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 21/06/2020, 11:12 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Silive

 

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Seorang warga Staten Island, Brian Volpini (51) dipulangkan dari Rumah Sakit Richmond University pada Rabu kemarin. Dia dinyatakan pulih dari penyakit Covid-19 setelah lebih dari sebulan menjalani rawat inap di West Brighton.

Volpini divonis Covid-19 pada 20 April dan menghabiskan waktu lebih dari 40 hari berjuang dengan ventilator melawan virus corona.

"Volpini adalah satu dari beberapa kasus yang menunukkan bahwa sebagai dokter kami tidak boleh menyerah," ungkap Dr Jay Nfonoyim, wakil kepala rumah sakit tempat Volpini dirawat.

Baca juga: Kesaksian Pasien Covid-19 yang Baru Sembuh: Saya Merasa Lesu Sepanjang Waktu

"Kami terus mengatakan bahwa ada jalan terang di dalam perjuangan Brian dan kami tidak akan pernah menyerah. Ketika Anda melihat dia bisa kembali pulang ke rumah, itu membuktikan mengapa kami melakukan itu semua."

Volpini dibawa dengan ambulans menuju rumah sakit Richmon University dan hampir langsung dipakaikan ventilator agar dapat membantunya bernapas.

Baca juga: Pasien Nol Gelombang 2 Covid-19 di Beijing adalah Ayah yang Tengah Belanja

Dari pertama kali dia dirawat sampai dipulangkan pada 17 Juni lalu, Volpini berada di ruang perawatan intensif (ICU) di bawah pengawasan Dr Nfonoyim.

Setelah keluar dari rumah sakit, Volpini dibawa ke pusat rehabilitasi terdekat di Staten Island untuk melanjutkan pemulihan dan menerima terapi fisik.

Saat Volpini keluar dari rumah sakit dan melewati sepanjang koridor ICU rumah sakit, para petugas kesehatan dan profesional bertepuk tangan dan menyebutnya, 'pasien ajaib'.

Baca juga: Covid-19 di Brasil Capai 1 Juta Kasus, Hampir 50.000 Pasien Meninggal

Pada 18 Juni lalu, RS Richmon University telah merawat dan memulangkan lebih dari 1.180 pasien virus corona.

Pada awal bulan, rumah sakit itu telah membuka Pusat Perawatan Komprehensif Pasca Covid-19 di 288 Kissel Ave, Randall Manor.

Pusat itu memiliki tim ahli yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu di bidang perawatan paru, kardiologi, penyakit menular, psikiater, perilaku sehat, dan bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan untuk menangani pasien Covid-19 dalam jangka waktu pendek mau pun panjang.

Program pediatrik khusus yang melibatkan sub-spesialis serupa juga tersedia di pusat anak-anak yang pulih dari Covid-19 dan Sindrom Inflamasi Multi-Sistem pada Anak (MIS-C).

Baca juga: Penuh Haru, Pastor Ini Lakukan Perjamuan Kudus pada Pasien Covid-19 Sambil Pakai APD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com