Covid-19 di Brasil Capai 1 Juta Kasus, Hampir 50.000 Pasien Meninggal

Kompas.com - 20/06/2020, 09:51 WIB
Petugas pemakaman menguburkan korban meninggal Covid-19 di pemakaman Vila Formosa, yang merupakan pemakaman terluas di Sao Paulo, Brasil. Foto diambil pada 22 Mei 2020. REUTERS/AMANDA PEROBELLIPetugas pemakaman menguburkan korban meninggal Covid-19 di pemakaman Vila Formosa, yang merupakan pemakaman terluas di Sao Paulo, Brasil. Foto diambil pada 22 Mei 2020.

BRASILIA, KOMPAS.com - Brasil mencatatkan total lebih dari 1 juta kasus virus corona pada Jumat (19/6/2020) dan mendekati 50.000 korban meninggal.

Hanya Amerika Serikat (AS) yang memiliki jumlah kasus virus corona lebih banyak, juga korban meninggal.

Brasil mengonfirmasi kasus pertama virus corona pada 26 Februari, dan terus menyebar di negara pimpinan Presiden Jair Bolsonaro itu.

Tepatnya hingga Jumat Brasil mencatatkan total 1.032.913 kasus Covid-19, dengan 48.954 korban meninggal, urai Kementerian Kesehatan Brasil.

Baca juga: Tukang Gali Kubur di Brasil: Kami Tidak Takut Apa pun Kecuali Covid-19

Di hari itu Brasil juga mencatatkan 54.771 kasus baru yang merupakan penambahan terbanyak, serta merilis jumlah kematian baru sebanyak 1.206.

Dilansir dari Reuters, Negeri "Samba" diyakini akan mencapai 50.000 kematian lebih pada Sabtu, meski ada kemungkinan hari ini jumlah pasien meninggal lebih rendah.

Meski begitu, para ahli meyakini tingkat sebenarnya dari wabah ini jauh lebih besar dari angka resmi di Brasil, karena cakupan tes yang kurang luas.

"Jumlah 1 juta itu jauh lebih sedikit daripada jumlah sebenarnya orang yang telah terinfeksi, karena ada 5-10 kali lipat kasus yang belum dilaporkan," kata Alexandre Naime Barbosa, profesor medis di Universitas Negeri Sao Paulo.

"Jumlah sebenarnya mungkin setidaknya 3 juta dan bahkan bisa mencapai 10 juta orang," lanjutnya dikutip dari Reuters Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Bagaimana Wabah Virus Corona Berubah Jadi Politis di Brasil

Covid-19 tiba di Brasil melalui turis-turis Eropa yang berkunjung ke kota-kota besar seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro, lalu kini telah menyebar jauh sampai pedalaman.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X