Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Bisa Dibakar, Boneka Ini Dianggap Terkutuk

Kompas.com - 27/04/2020, 03:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Daily Star

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sebuah boneka ventrilokuis yang dikira mayat telah dicap "terkutuk" setelah ditarik keluar dari sungai dan warga melakukan berbagai upaya agar bisa membakarnya.

Boneka ventrilokuis seukuran manusia yang menyeramkan ini dikira mayat ketika diangkut keluar dari sungai oleh penduduk desa di Meksiko yang begitu ketakutan sehingga mereka memutuskan untuk membakarnya.

Sayangnya, boneka itu yang ditemukan terbungkus selimut di kota kecil San Antonio La Esperanza, Morelos, Meksiko tidak bisa dibakar sehingga masyarakat menyimpulkan kalau boneka itu "dikutuk".

Baca juga: Mengenal Rumah Hantu untuk Karantina Pemudik Bandel di Sragen, Bekas Pabrik Gula Tahun 1831

Dalam sebuah video, boneka itu terlihat terbaring di tanah dengan satu mata menghitam dan terbakar tetapi yang lainnya biru cerah dan terbelalak.

Rahangnya yang berengsel mengesankan penampilan boneka itu menyeramkan dan penuh luka, menambah suasana gelisah yang dipancarkannya.

Boneka berbentuk manusia itu pada awalnya dikira sebagai mayat tetapi, untungnya, ketika dibuka dari kain yang menyelubunginya, itu hanyalah boneka.

Boneka itu bahkan dianggap pernah digunakan untuk ritual pemujaan setan.

Baca juga: Rumah Hantu Dijadikan Tempat Karantina bagi Pemudik yang Bandel

Namun, tetap menjadi misteri tentang siapa pemilik dari boneka menyeramkan itu dan mengapa orang ini berusaha keras untuk membuangnya dengan cara yang aneh.

Boneka sulit dibakar karena mengandung zat kimia

Kisah itu bahkan sampai ke sutradara film pemenang Oscar Guillermo del Toro, yang terkenal karena membuat film fantasi gelap seperti The Shape of Water dan Pan's Labyrinth, yang me-retweet beberapa foto boneka menakutkan itu.

Wartawan lokal Cesar Buenrostro membantah gagasan kehadiran supernatural di dalam boneka itu dan mengklaim penduduk setempat gagal membakar boneka itu pada upaya pertama karena bonekanya lembab.

"Jika bonekanya kering, mereka akan mudah membakarnya," kata Buenrostro.

Buenrostro dan seorang jurnalis YouTube yang dikenal sebagai "Oxlack Investigador" mengunjungi pria yang membuat boneka itu.

Pria itu bernama Julio, yang mengatakan dia menjualnya pada tahun lalu tetapi tidak ingat siapa yang membelinya.

Menurut Julio, boneka itu dibuat dengan epoxy resin yang sulit terbakar.

Baca juga: Menonton Film Annabelle di Bioskop, Pria Inggris Ditemukan Meninggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com