Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tips Olah Sisa Roti atau Cake Lebaran biar Tidak Dibuang

Kompas.com - 09/04/2024, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu cara menyambut Lebaran adalah dengan membuat aneka kue kering dan cake. Namun, apa jadinya kalau aneka hidangan yang sudah dibuat tersebut masih tersisa? 

Tenang saja, Kompas.com melansir dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 92 Resep Sajian Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, simak penjelasan seputar tips mengolah sisa kue dan roti yang ada di meja makan. 

Baca juga:

1. Jadikan puding

Sisa roti atau cake sisa Lebaran bisa diolah menjadi sajian baru, salah satunya adalah puding. Cara membuat puding dari sisa roti cukup sederhana.

Kamu bisa menggunakan roti menjadi dasar atau bagian tengah puding. Hanya saja, roti yang diolah menjadi puding tidak akan memiliki rasa yang sama seperti sebelumnya.

Ilustrasi kue kering.Dok. Shutterstock/jreika Ilustrasi kue kering.

2. Kue kering

Selain puding, olah roti atau cake sisa menjadi kue kering yang dapat memperpanjang waktu simpan kue. Roti dan cake bisa dipotong dalam ukuran kecil kemudian dipanggang dalam oven bersuhu rendah.

Tambahkan cita rasa pada kue kering dari sisa roti dengan bahan seperti margarin, sirup buah, atau madu. Kamu juga bisa menambahkan kacang tumbuk atau gula pasir di atasnya.

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 92 Resep Sajian Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com