Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Rumput Laut untuk Aneka Masakan, Ada Nori dan Kombu

Kompas.com - 05/10/2023, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu pernah menikmati es segar dengan potongan rumput laut? Di sisi lain, kamu pernah coba sushi dengan nori rumput laut yang ada sebagai isiannya?

Dalam dua hidangan tersebut, sama-sama menggunakan rumput laut. Hanya saja, jenis dan cara mengolahnya yang berbeda. 

Dilansir dari beberapa sumber, kompas.com rangkum sedikitnya ada sekitar 10 jenis rumput laut yang populer dijadikan menu makanan atau minuman. 

Baca juga:

1. Nori

Nori adalah rumput laut tipis berwarna gelap yang bisa digunakan pada sushi khas Jepang. Nori dibuat dengan cara merobek rumput laut kemudian menekannya hingga menjadi lembaran.

Dari segi rasa, jenis rumput laut yang satu ini terasa asin gurih.

2. Irish mosh

Dilansir dari laman WebMD, jenis rumput laut yang memiliki nama Irish mosh ini terkenal akan kandungan baik untuk tubuh.

Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti gelatin yang vegan karena tingginya kandungan karagenan di dalamnya.

Sebelum dimasak, Irish mosh harus dicuci bersih secara menyeluruh kemudian direndam selama 24 jam.

3. Kombu

Dilansir dari laman Epicurious, kombu merupakan jenis rumput laut yang memiliki rasa gurih asin, dan umami. Rumput laut yang satu ini biasa dihidangkan dalam menu masakan jepang berkuah hangat dengan ikan bonito kering.

4. Wakame

Masih dengan jenis rumput laut kering yang banyak digunakan yaitu wakame. Umumnya, wakame dijual dalam bentuk potongan seukuran sekali gigit.

Wakame punya tekstur dan tampilan yang unik yaitu mengilap, biasanya dihidangkan dengan bahan seperti sayuran atau biji wijen yang renyah.

5. Dulse

Dulse merupakan jenis rumput laut yang memiliki tekstur dan rasa mirip dengan daging. Rasanya yang asin membuat dulse sering kali digunakan sebagai bumbu atau bahan taburan pada masakan.

Ilustrasi jenis rumput laut yang populer untuk masakan.DOK.SHUTTERSTOCK/New Africa Ilustrasi jenis rumput laut yang populer untuk masakan.

6. Ogonori

Ogonori merupakan rumput laut yang memiliki warna merah keunguan. Biasanya, onogiri diolah dengan cara diasamkan atau dicampurkan dengan salad sayur yang renyah segar.

7. Hijiki

Berbeda dengan jenis rumput laut yang sebelumnya, hijiki memiliki warna cokelat agak hitam. Hijiki banyak ditemukan di garis pantai di China, Jepang, dan Korea.

Hijiki biasanya dihidangkan dalam keadaan kering dan dimasak seperti jamur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com