Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Bersihkan Sisa Makanan Sulit Dihilangkan di Microwave

Kompas.com - 14/09/2023, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com Microwave merupakan alat dapur yang berfungsi untuk memanaskan makanan dengan cepat.

Dilihat dari fungsinya, sering kali pada penggunaan microwave menyisakan sisa makanan yang sulit dihilangkan. Selain sisa makanan, setelah memanaskan makanan biasanya meninggalkan bau yang tidak sedap.

Dilansir dari buku "Menggunakan, Merawat dan Memperbaiki Peralatan Dapur" (2023) oleh Drs. Daryanto terbitan PT Bumi Aksara, simak penjelasan tips bersihkan microwave dari sisa makanan yang menempel.

Baca juga:

1. Gunakan uap air

Dalam buku tersebut menjelaskan, kalau uap air bisa membantu untuk memudahkan pengangkatan sisa kotoran yang menempel di microwave.

Caranya adalah siapkan mangkuk berisikan air panas kemudian beri perasan lemon. Nantinya, uap dari air panas akan membantu melunakkan sisa makanan yang menempel di microwave.

2. Campuran air dan cuka

Selain lemon, kamu bisa menggunakan campuran air dan cuka untuk membersihkan microwave dari sisa makanan yang membandel. 

Tuang cuka dalam wadah berisikan air dingin, masukkan microwave dan panaskan selama 10 menit. Diamkan microwave dalam keadaan tertutup selama tiga menit. 

Celupkan spon halus ke dalam wadah berisikan cuka dan air, usap ke bagian yang bernoda. Usap dan bilas kembali dengan kain kering. 

3. Gunakan kain serbet basah

Kamu bisa menggunakan kain serbet yang dibasahi menyeluruh, kemudian usap berulang ke dalam area microwave yang bernoda. 

Buku "Menggunakan, Merawat dan Memperbaiki Peralatan Dapur" (2023) oleh Drs. Daryanto terbitan PT Bumi Aksara bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com