Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Tonkatsu, Makanan yang Muncul di Drakor Moving

Kompas.com - 05/09/2023, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Di tengah perbincangan hangat seputar drama Korea Selatan yang sedang berlangsung, Moving. Ada satu hal yang menarik perhatian banyak orang yaitu kulinernya.

Dalam drakor Moving, ada scene dimana Kim Doo-shik yang diperankan oleh Jo In-sung dan Lee Mi-hyeon yang diperankan oleh Han Hyo-joo, menikmati tonkatsu sebagai hidangan utamanya.

Sering munculnya, menu masakan tonkatsu di hampir setiap episode membuat penonton merasa ingin menikmatinya. Dilansir dari beberapa sumber, ketahui lebih jauh seputar apa itu tonkatsu.

Baca juga:

Apa itu Tonkatsu?

Dilansir dari Food in Japan, tonkatsu merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari irisan daging babi yang dilapisi dengan tepung roti kemudian digoreng.

Orang Jepang biasa menyajikan tonkatsu dengan saus berbumbu yang manis dan gurih. Hidangan unik dan menggugah selera dari Jepang ini cukup disukai.

Seperti tempura, tonkatsu juga bisa dibuat dengan menggunakan tepung terigu bercampur dengan bubuk telur.

Ditambahkan dari laman Japan Guide, tonkatsu berasal dari bahasa Jepang yang berarti potongan daging babi.

Ada dua jenis tonkatsu yang biasanya dihidangkan yaitu yang menggunakan daging babi tidak berlemak dan daging babi bagian pinggang.

Walau tonkatsu yang terbuat dari daging babi cukup populer, tetapi ada variasi tonkatsu lainnya dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, ham, dan daging giling.

Pada penyajiannya, tonkatsu dihidangkan dengan irisan kubis, nasi, sup miso, dan acar. Tak lupa ada saus tonkatsu dari saus Inggris yang dikentalkan atau saus mustard.

Saus disiram atau dituang ke samping potongan daging babi goreng.

Apa beda tonkatsu dan katsudon?

Bisa dibilang mirip, katsudon dan tonkatsu memiliki tampilan yang hampir sama yaitu terbuat dari potongan daging kemudian dilapisi tepung roti dan digoreng.

Hanya saja, katsudon termasuk dalam donburi yaitu hidangan mangkuk nasi panas yang diatasnya diberi potongan daging.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com