Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madiun Pecahkan Rekor Sajian Kue Manco Terbanyak, Buat 50.000 Kue

Kompas.com - 04/09/2023, 10:12 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Festival Manco Madiun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Desa Tambakmas, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur, berhasil memecahkan rekor dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada Minggu (3/9/2023). 

Adapun manco merupakan kue atau jajanan khas Kabupaten Madiun.

"Kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa Festival Manco Madiun 2023 resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai rekor yang 11.202 dengan sajian kue manco terbanyak, yaitu 50.000 kue," ujar perwakilan Muri, Sri Widayati,  di Lapangan Desa Tambaknas, Minggu (3/9/2023). 

Sebanyak 50.000 kue manco tersebut disusun di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun.

Baca juga:

Selain itu, rekor tersebut juga diberikan kepada Camat Kebonsari dan Kepala Desa Tambakmas selaku pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan tersebut.

Pihaknya mengapresiasi program yang diinisiasi oleh oleh camat dan kades tersebut, sehingga mampu mendongkrak manco menjadi ikon jajanan Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan melalui Rekor Muri tersebut kue manco akan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan khas Kabupaten Madiun.

"Kerukunan di Desa Tambakmas harus tetap dijaga, karena kue manco ini tidak hanya tercatat di nasional tapi mendunia. Ini yang harus kita jaga bersama," kata Bupati Ahmad Dawami.

Sementara itu, Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo menyampaikan Manco Madiun Festival ini sudah digelar ke empat kalinya. 

Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama jajaran menerima sertifikat penghargaan MURI atas Festival Manco Madiun 2023 di lapangan Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sebagai sajian kue manco terbanyak, yakni 50 ribu kue di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Madiun Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama jajaran menerima sertifikat penghargaan MURI atas Festival Manco Madiun 2023 di lapangan Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sebagai sajian kue manco terbanyak, yakni 50 ribu kue di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun.

Dirinya sangat senang, karena manco kini sudah masuk di Museum Rekor Dunia Indonesia sehingga kini lebih mendunia.

"Manco ini adalah warisan nenek moyang dan sudah menjadi produk khas dari Desa Tambakmas dan konon dipercaya hanya bisa dibuat di Desa Tambakmas," kata Sugeng.

Ia juga menceritakan proses pembuatan manco yang memiliki rasa renyah dan lengket karena ada lapisan gula merah. 

Kue jajanan yang berbahan utama tepung ketan dan gula merah tersebut egit saat digigit.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com