Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Cokelat Leleh yang Terkena Air Masih Bisa Digunakan?

Kompas.com - 05/08/2023, 11:01 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air merupakan salah satu bahan yang harus dihindari ketika melelehkan cokelat.

Air memang dibutuhkan saat melelehkan cokelat dengan metode au bain marie, tetapi tidak boleh tercampur dalam mangkuk cokelat.

Pasalnya, cokelat leleh yang terkena air akan mengubah teksturnya menjadi menggumpal dan pucat sehingga tidak lagi mengilap.

Risman Sukmawan, Corporate Pastry Chef Archipelago International, mengatakan bahwa cokelat leleh yang terkena air, tidak bisa digunakan untuk membuat kue.

"Kalau cokelat tersebut dipakai buat topping, dia akan pecah, rusak," tutur Risman kepada media dalam acara Archipelago Food Festival ke-26 di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).

Baca juga:

ilustrasi cokelat leleh. PIXABAY/5671698 ilustrasi cokelat leleh.

Bukan mengilap, warna cokelat akan berubah menjadi doff atau tidak berkilau sehingga tidak menarik dijadikan siraman kue.

"Cokelat itu bagaikan makhluk hidup. Ketika suhunya panas, dia akan melebar, ketika suhunya mencapai rendah, dia akan mengerut," kata Risman.

Sifat cokelat akan mengikut bentuk dan tekstur asli cetakan. Bila dilelehkan, cokelat bisa dicetak menggunakan bahan plastik hingga silikon.

Menurut Risman, bila dipaksakan, cokelat leleh yang terkena air boleh saja tetap dipakai untuk membuat kue. Namun, tidak dijadikan topping.

Cokelat leleh tersebut bisa dijadikan campuran adonan kue, diaduk merata bersama bahan lainnya.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com