Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Salt Bae Performance, Gimik Masak Daging di Timur Tengah

Kompas.com - 29/07/2023, 20:08 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah trik memasak sekaligus menyajikan potongan daging tengah populer di banyak negara, khususnya di Timur Tengah.

"Jadi di Dubai, semua bagian UAE, sudah ada restoran namanya Nusret. Hampir semua kota di AS juga menampilkan salt bae performance," kata Stanis J, Chef Owner Grill Me Jakarta.

Stanis menuturkan, salt bae performance adalah gimik atau aksi yang sengaja diberikan oleh sang koki untuk menarik perhatian pelanggan.

Ia menggunakan gaya ini di usaha layanan barbekunya, Grill Me Jakarta. Menurutnya, gaya ini belum banyak ditemukan di Indonesia.

Salt bae performance akan mengajak pelanggan menjadi "salt bae" atau orang yang menaburkan garam pada daging.

Caranya sedikit berbeda. Garam akan ditaburkan dengan posisi lengan sejajar dan menekuk, sedangkan telapak tangan membentuk kuncup.

Garam ditaburkan dengan jarak agak tinggi dari daging yang berada di pan atau piring saji.

"Kalau kami pakainya bukan garam, kalau di sana mereka pakai garam, kalau di sini pakainya kuning telur difermentasi dan diberi garam serta gula," jelas Stanis.

Bentuknya seperti keju parut dan berwarna kuning. Ini yang digunakan Grill Me Jakarta sebagai bahan salt bae performance

Baca juga:

Berawal dari video viral

Stanis J, Chef Owner Grill Me Jakarta saat membuat Brazzilian Style Picanha.KOMPAS.com/Miftahul Rizky Stanis J, Chef Owner Grill Me Jakarta saat membuat Brazzilian Style Picanha.

Dilansir dari Eater, Salt Bae sebenarnya adalah nama panggung Nusret Gokce, seorang tukang daging di Turki yang juga memiliki restoran.

Nusret sempat populer karena video yang memperlihatkan dirinya sedang mengenakan kacamata hitam dan kaus putih, lalu menatap ke kamera.

Gambar tersebut menunjukkan aktivitas Nusret yang sedang mengiris steak, lalu mengambil sejumput garam dan menekuk lengannya seperti leher angsa, kemudian menaburkan garam dari jari tangan berbentuk kuncup.

Video Salt Bae yang viral pada 2017 membawa dampak baik bagi dirinya.

Restoran daging Nusret kian populer bahkan kini memiliki total 22 restoran steak di banyak negara dengan nama Nusr-Et, seperti dikutip Bon Appetit.

Baca juga:

@my.foodplace Ada tips seputar daging kambing nih dari Foodplace buat Foodlovers semuanyaa...Gimana sih cara membersihkan daging kambing supaya gak bau prengus saat dikonsumsi? Simak video berikut ini, ya! #daging #dagingkambing #caraolahdagingkambing #tipsmakanan #iduladha #dagingiduladha #tipsolahdaging #tips #tipstiktok #dagingkurban #foodpedia #foodplace ? Cooking - Children's Music

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com