Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Kaldu Ayam 1 Liter, Cocok untuk Segala Masakan Berkuah

Kompas.com - 13/07/2023, 10:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Saat akan membuat sup dengan kuah gurih, ada baiknya untuk menggunakan kaldu ayam sebagai bahan membuat kuahnya.

Kamu bisa membuat kaldu ayam dalam jumlah banyak dari enam bahan saja. Perkiraan hasil dari racikan kaldu ayam ini sekitar 1 liter.

Kaldu ayam bisa distok dalam freezer selama beberaha rapi. Cita rasa dari kaldu ayam yang gurih dan tinggi nutrisi ini membuatnya perlu digunakan untuk segala hidangan.

Simak resepnya dari buku "Aneka Resep Favorit SAUS Pendamping Hidangan Istimewa" (2020) oleh Rostiawati terbitan Gramedia Pustaka Utama, bikin untuk 1 liter kaldu.

Baca juga:

Resep kaldu ayam

Bahan

  • 1 ekor ayam, ambil tulang, serpihan daging
  • 1 buah bawang bombai, belah 4
  • 20 cm batang seledri, cincang kasar
  • 3 lembar bay leaves
  • 1 sdt butiran merica hitam
  • 1800 ml air dingin

Cara membuat kaldu ayam

  1. Letakkan tulang ayam, jeroan, bawang bombai, seledri, bay leaves, dan merica hitam dalam panci besar dengan dasar tebal dan tuang air.
  2. Jerang di atas api kecil, biarkan hingga mendidih. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 90 menit. Buang busa yang timbul di atas permukaan.
  3. Saring air kaldu dengan saringan berbentuk kerucut dan biarkan hingga dingin. Jangan menggoyang air kaldu agar terpisah dari sayuran.
  4. Hal ini mencegah air menjadi keruh, biarkan air kaldu hingga dingin benar. Masukkan ke dalam kulkas. Sebelum digunakan, buang lapisan lemak yang terapung di atasnya.

Buku "Aneka Resep Favorit SAUS Pendamping Hidangan Istimewa" (2020) oleh Rostiawati terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com