Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2023, 07:06 WIB
Diva Inggar Sabilillah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Olahan tempe yang paling mudah dibuat adalah tempe goreng. Tempe goreng paling pas disantap saat masih hangat dan renyah.

Namun, kerap kali tempe goreng yang dibuat kerenyahannya tidak tahan lama. Baru ditinggal sebentar, tekstur tempe goreng sudah agak lembek. 

Ada cara khusus agar kerenyahan tempe bisa bertahan lebih lama.

Vicko Hadisatrya selaku Chef de Cuisine Hotel Fairmont Jakarta membagikan beberapa tips masak tempe goreng yang renyahnya bisa tahan lama. 

Baca juga:

1. Ungkep tempe terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ungkep tempe dengan rempah-rempah. Hal ini bertujuan agar bumbu dapat meresap ke dalam tempe dengan baik. 

Haluskan bumbu tempe terlebih dahulu, seperti bawang, ketumbar, dan kunyit. Lalu, masak bumbu tempe sebentar, tambahkan air secukupnya, dan tunggu hingga mendidih. 

“Setelah mendidih, masukkan potongan tempe. Masak selama lima menit saja. Setelah itu, matikan api, tutup tempe dengan tutup panci dan diamkan selama setengah jam agar bumbu lebih meresap dan tempe jadi gak over matangnya,” ujar Vicko saat ditemui KOMPAS.com, Selasa (27/06/2023).

2. Tambahkan sedikit cuka putih

Ilustrasi tempe gorengSHUTTERSTOCK/tyasindayanti Ilustrasi tempe goreng

Setelah tempe diungkep, lanjut Vicko, tambahkan sedikit cuka putih ke dalam tempe. Cuka putih merupakan ‘cairan rahasia’ yang dapat menambah serta mempertahankan kerenyahan.

“Cuka putih dimasukkan setelah tempe yang diungkep sudah tidak terlalu panas. (Tuang) secukupnya saja. Harus ada acid supaya tempe bisa krispi,” lanjut Vicko.

Baca juga:

3. Mainkan temperatur api

Panaskan minyak goreng secukupnya di dalam wajan penggorengan. Vicko mengatakan minyak harus panas. Setelah minyak panas, baru masukkan tempe.

“Setelah tempe masuk, langsung kecilkan api. Harus diperhatikan juga temperatur saat menggoreng,” tutup Vicko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com